Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan luar angkasa Blue Origin milik Jeff Bezos, akan menerbangkan 100.000 kartu pos yang ditulis oleh murid-murid sekolah Uni Emirat Arab (UEA) ke luar angkasa dan mengembalikannya kepada mereka dengan stempel 'terbang ke luar angkasa'.

Untuk merayakan Golden Jubilee UEA, anak-anak menggambar visi mereka untuk 50 tahun ke depan negara kaya itu di kartu pos. Ini termasuk mobil futuristik, pergi ke Bulan, mendarat di Mars hingga menancapkan bendera nasional di planet lain.

Penerbangan suborbital New Shepard oleh perusahaan pariwisata luar angkasa miliarder pendiri Amazon itu, rencananya akan membawa gambar anak-anak tersebut ke luar angkasa tahun depan.

Yayasan nirlaba Club for the Future Blue Origin telah menerbangkan kartu pos yang ditulis oleh siswa di seluruh dunia sejak 2019, menggunakan kendaraan peluncurannya yang dapat digunakan kembali.

Sekarang, Emirates Post Group, Mohammed bin Rashid Space Centre, UAE Space Agency dan AzurX, perusahaan inovasi dan strategi berbasis di Dubai yang mendukung peluang sektor luar angkasa, berkolaborasi dengan yayasan untuk melibatkan Emirates dalam skala besar.

"Sebagai UEA dan perwakilan regional Blue Origin, merupakan suatu kehormatan untuk menyatukan pemerintah UEA dan entitas swasta internasional, untuk memprakarsai Inisiatif Kartu Pos ke Luar Angkasa (Postcards to Space initiative) pada kesempatan penting Jubilee UEA ini, membuat kaum muda terinspirasi untuk berpikir besar dan berani menatap ke depan untuk 50 tahun ke depan bangsa dari luar angkasa," jelas Anna Hazlett, pendiri AzurX mengutip The National News 8 Desember.

kartu pos uea
Program Postcards to Space initiative. (Sumber: Beam Education via The National News)

Di antara sekolah yang ikut serta adalah Sekolah Internasional Ilmu Kreatif di Muwaileh, di Sharjah, dan Sekolah Al Mawakeb di Al Garhoud, di Dubai.

Astronot UEA Hazza Al Mansouri, orang Emirat pertama di luar angkasa dan Sultan Al Neyadi melakukan kunjungan mendadak ke sekolah-sekolah, sementara para murid mendekorasi kartu pos mereka.

"Kami sedang mengerjakan sejumlah inisiatif dengan mitra internasional kami untuk menginspirasi generasi mendatang, membangun kesadaran di sekitar sektor luar angkasa dan ekosistem di sekitarnya yang dapat dan kemungkinan besar akan menjadi bagian dari generasi mendatang," tandas Hazlett.

"Karier luar angkasa masa depan adalah tujuan kita," sambungnya.

Miliarder Jeff Bezos mengumumkan proyek pendidikan pada Mei 2019, mengatakan itu dirancang untuk menginspirasi kaum muda dan membuat mereka berpikir tentang masa depan di luar angkasa.

Untuk set kartu pos pertama, siswa di berbagai belahan dunia diminta untuk menuliskan impian mereka tentang masa depan.

Perusahaan penerbangan luar angkasa swasta menerbangkan mereka ke luar angkasa akhir tahun itu, di antara kargo lainnya dan kemudian mengirimkannya kembali.

Tidak jelas apakah kartu pos oleh murid UEA akan diterbangkan pada penerbangan tunggal atau ganda, tetapi satu set akan dikirim pada penerbangan luar angkasa pada 2022.

Untuk diketahui, Blue Origin, yang telah menerbangkan delapan orang ke luar angkasa, sedang membangun kehadirannya di UEA.

Sementara, AzurX bekerja sama dengan Blue Origin dalam strategi pelokalannya. Ini juga akan membantu pelanggan dengan penerbangan wisata luar angkasa dan peluang di Orbital Reef, stasiun luar angkasa pribadi yang diumumkan oleh Blue Origin.

Pada Bulan Oktober, Blue Origin dan Kementerian Ekonomi UEA sepakat untuk mengembangkan rencana yang akan mempercepat ambisi kementerian untuk pembangunan ekonomi melalui kegiatan luar angkasa, termasuk pariwisata luar angkasa.

Pada 9 Desember, Blue Origin menerbangkan enam penumpang lagi ke luar angkasa, termasuk Laura Shepard Churchley, putri astronot pertama Amerika Alan Shepard dan mantan bintang sepak bola Amerika Michael Strahan.