Elektabilitas Lampaui AHY-Anies di Survei, Gibran 'Jokowi': <i>Ora</i> Mungkin, <i>Ngawur</i> Itu, Saya Fokus di Solo
Wali KOta Solo Gibran Rakabuming Raka (Foto: Tangkap Layar Youtube berita surakarta)

Bagikan:

SOLO - Hasil survei Citra Nusantara Network secara mengejutkan menempatkan posisi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melampaui nama Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hingga Gubernur DKI, Anies Baswedan. 
 
Survei mengukur elektabilitas tokoh-tokoh yang masuk dalam bursa calon presiden 2024 berdasarkan kinerja dalam menangani COVID-19. Pada posisi puncak ditempati Airlangga Hartarto dengan elektabilitas tertinggi, yaitu 18,4 persen. 
 
Selanjutnya di posisi kedua ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 18,1 persen. Ganjar dinilai rajin turun ke lapangan untuk memberikan sosialisasi dan tindakan menanggulangi COVID. 
 
Gibran menempati posisi ketujuh dengan persentase 4,2. Angka ini melampaui AHY dengan 4,1 persen dan Anies Baswedan, 3,6 persen. Gibran dinilai dekat dengan rakyat selama masa pandemi berlangsung. Unggul dari AHY dan Anies tidak membuat putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini jumawa. 
 
Gibran cuek dan tidak percaya hasil survei tersebut. "Ngawur! Salah itu (hasil survei). Survei opo (apa), ngawur," singkat Gibran saat ditemui awak media di Solo dilansir dari berita surakarta, Kamis, 2 Desember.
 
Gibran juga tidak mau berandai-andai. Tugas pentingnya saat ini adalah fokus bekerja di Solo.
 
"Kurang mungkin di atasnya Mas Agus, ora, ora. Saya fokus di Solo. Saya di Solo saja," tegas Gibran.
 
Chief Koordinator Penelitian Masyarakat Citra Nusantara Network Dwi Harin menyebutkan, prestasi tokoh berbanding lurus dengan preferensi publik dalam memilih sosok presiden 2024.
 
Survei bertema Mengukur Preferensi Publik Terhadap Parpol dan Tokoh Terhadap Dinamika Politik Nasional itu menyasar 2.010 responden terpilih.
 
Para responden berusia di atas 17 tahun dan tersebar secara proporsional di 34 provinsi se-Indonesia sesuai dengan data pemilih pada pemilihan presiden (pilpres) 2019. Penarikan sampel yang dijadikan responden dalam penelitian ini menggunakan metode multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error kurang lebih 2,19 persen. 
 

 
Berikut daftar lengkap tokoh
 
1. Airlangga Hartarto 18,40 persen 
2. Ganjar Pranowo 18,10 persen 
3. Prabowo Subianto 14,70 persen 
4. Gatot Nurmantyo 6,90 persen 
5. Puan Maharani 6,60 persen 
6. Sri Mulyani 4,40 persen 
7. Gibran Rakabuming Raka 4,20 persen 
8. Agus Harimurti Yudhoyono 4,10 persen 
9. Anies Baswedan 3,60 persen 
10.Muhaimin Iskandar 3,60 persen 
11.Sandiaga Uno 3,20 persen 
12.Erick Thohir 2,90 persen