Minta Warganya Tidak Panik dan Bakal Siapkan Vaksin Baru, Presiden Joe Biden: Kami akan Kalahkan Varian Omicron
Presiden Joe Biden saat meninjau sentra vaksinasi COVID-19. (Wikimedia Commons/Official White House Photo)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joe Biden mendesak orang Amerika pada Hari Senin untuk tidak panik tentang varian baru COVID-19, varian Omicron dan mengatakan Amerika Serikat sedang membuat rencana darurat dengan perusahaan farmasi jika vaksin baru diperlukan.

Presiden Biden mengatakan, negara itu tidak akan kembali ke penguncian untuk menghentikan penyebaran varian Omicron. Presiden mengatakan akan menyusun strateginya pada Hari Kamis untuk memerangi pandemi selama musim dingin. Dia mendesak orang-orang untuk mendapatkan vaksinasi, mendapatkan booster dan memakai masker.

"Varian ini menimbulkan kekhawatiran, bukan penyebab kepanikan," kata Biden dalam sambutannya di Gedung Putih setelah pertemuan dengan tim COVID-19-nya, mengutip Reuters 30 November.

"Kami akan bertarung dan mengalahkan varian baru ini," tegasnya.

Varian Omicron telah mendorong negara-negara di seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat untuk membatasi perjalanan dari Afrika selatan, tempat virus itu pertama kali terdeteksi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada Hari Senin, varian itu membawa risiko lonjakan infeksi yang sangat tinggi, tetapi mengatakan belum ada kematian yang dikaitkan dengan varian baru.

Presiden Biden mengatakan tidak dapat dihindari kasus Omicron akan muncul di Amerika Serikat. Namun, juru bicara Gedung Putih Jen Psaki mengatakan varian itu seharusnya tidak menyebabkan orang Amerika mengubah rencana perjalanan liburan mereka selama mereka divaksinasi dan memakai masker.

Selain itu, Presiden Biden mengatakan dia percaya vaksin yang ada akan terus melindungi terhadap penyakit parah. Tetapi, pemerintahannya bekerja dengan pembuat vaksin Pfizer, Moderna dan Johnson & Johnson untuk mengembangkan vaksin baru jika diperlukan.

"Jika diperlukan, semoga tidak, bahwa vaksinasi atau booster yang diperbarui diperlukan untuk menanggapi varian baru ini, kami akan mempercepat pengembangan dan penerapannya dengan setiap alat yang tersedia," ungkapnya.

Presiden Biden mengatakan dia akan mengarahkan Administrasi Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat (FDA) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) untuk membuat vaksin baru itu tersedia dengan cepat.

Secara terpisah, CDC mengatakan semua orang Amerika yang divaksinasi berusia 18 tahun ke atas harus mendapatkan suntikan booster - rekomendasi yang lebih kuat daripada yang dikeluarkan minggu lalu, ketika agensi memperluas kelayakan booster untuk semua orang dewasa tetapi berhenti mengatakan bahwa setiap orang harus mendapatkannya.

Larangan perjalanan A.S. mulai berlaku sebelumnya pada Hari Senin, memblokir sebagian besar pengunjung dari delapan negara Afrika selatan memasuki negara itu. Penerbangan sebelumnya dari Afrika Selatan ke Amerika Serikat tidak menyaring penumpang setelah varian ditemukan.

Namun, Gedung Putih tidak membatasi rencana perjalanan Biden atau membatalkan pesta liburannya, kata Psaki. Presiden Biden mengatakan pembatasan perjalanan diberlakukan untuk memberi negara waktu untuk membuat lebih banyak orang divaksinasi.

Untuk diketahui, hanya 59 persen dari total penduduk Amerika Serikat yang telah menerima vaksinasi COVID-19 penuh, dengan hampir 70 persen seluruh penduduk telah menerima satu dosis vaksin.

Sementara, hampir 782.000 orang telah meninggal karena COVID-19 di Amerika Serikat, menurut penghitungan Reuters.