Satgas COVID-19 Jawab Keluhan Relawan Nonnakes Wisma Atlet Belum Terima Insentif Sejak Juli
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito/ IST

Bagikan:

JAKARTA - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menanggapi keluhan relawan nontenaga kesehatan di Wisma Atlet Kemayoran yang mengaku belum menerima pembayaran insentif sejak bulan Juli.

Wiku menjelaskan, saat ini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) atau Satgas Penanganan COVID-19 sedang berupaya menyelesaikan keterlambatan pembayaran insentif tersebut.

"Sedang di-review dan diselesaikan," kata Wiku dalam pesan singkat kepada VOI, Jumat, 26 November.

Sebagai informasi, relawan COVID-19 nontenaga kesehatan (nonnakes) Wisma Atlet Kemayoran mengaku pihaknya belum menerima insentif yang dijanjikan sejak bulan Juli 2021.

Hal ini disampaikan dalam petisi berjudul "Hak Kami Direnggut! BNPB Lalai dalam Memenuhi Hak Tenaga Relawan Non Nakes RSDC WAK" dalam laman change.org. Petisi yang dikeluarkan pada Kamis, 25 November ini ditujukan kepada Presiden Joko Widodo dan BNPB.

"Mirisnya hak insentif yang dijanjikan BNPB belum juga tiba kepada satupun tenaga nonkesehatan dari bulan Juli hingga Oktober 2021," tulis keterangan petisi, dikutip pada Jumat, 26 November.

Karenanya, penggagas petisi menuntut kepada Jokowi dan BNPB untuk segera mencairkan insentif yang tertunggak.

"Menuntut segera dicairkan insentif bulan Juli 2021 yang telah melewati tenggat waktu yang disepakati bersama atau 2 sampai 3 bulan setelah masa tugas berakhir," tulisnya.