Uji Coba di Bandara Soekarno-Hatta, Ini Dia Penampakan Bus Listrik Damri
Bus Listrik Damri di Bandara Soekarno-Hatta/FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendukung uji coba operasional bus listrik oleh Damri yang dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan uji coba tersebut dilakukan dalam rangka percepatan program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) untuk transportasi jalan di Indonesia sesuai Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019.

"Untuk mendorong percepatan program KBLBB tersebut, Kementerian Perhubungan akan menerbitkan beberapa regulasi yakni penggunaan KBLBB sebagai kendaraan operasional Kemenhub, serta mendorong angkutan umum seperti Transjakarta, Damri, angkutan bandara untuk menggunakan bus dengan tenaga listrik, dan mendorong program Buy The Service (BTS) di beberapa kota," kata Budi Setiyadi dalam kegiatan uji coba bus listrik sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun ke-75 Perum Damri dikutip Antara, Kamis, 25 November. 

Budi mengatakan saat ini Kemenhub bersama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, akan menyiapkan pengembangan peta jalan dalam rangka mendukung percepatan program KBLBB.

Selain itu, Kemenhub juga tengah menyiapkan sejumlah langkah di antaranya adalah merencanakan penggunaan KBLBB sebagai kendaraan operasional pada tiga kota percontohan yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat dan Bali.

Kemenhub berharap agar Damri dapat meningkatkan nilai perusahaan dan mampu memberikan kontribusi yang optimal bagi bangsa dan negara.

Momentum HUT Damri diharapkan dapat memberikan inovasi serta meningkatkan pelayanan untuk menghubungkan antara satu daerah dengan daerah lainnya agar manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

“Telah terbukti bahwa Damri mampu bertahan dan dapat bersaing dengan perusahaan transportasi swasta yang ada dengan berbagai jenis pelayanan yang ditawarkan serta tetap berorientasi kepada kualitas pelayanan yang prima,” ujar Budi.