Jokowi Disebut Bakal Tentukan Sirkuit Formula E, Wagub DKI: Sangat Bersyukur Dukungan Pemerintah Pusat
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Foto: Diah Ayu Wardani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo dikabarkan akan menentukan sirkuit gelaran Formula E dari lima opsi lokasi alternatif yang dipilih Pemprov DKI.

Menanggapi, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memandang hal ini merupakan dukungan pemerintah pusat kepada Pemprov DKI untuk bisa menyelenggarakan ajang balap mobil listrik tersebut.

"Terkait dengan dukungan dari pemerintah pusat, tentu kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas dukungan bantuan selama ini dari pemerintah pusat kepada Pemprov DKI Jakarta tentu semuanya demi kebaikan seluruh warga Jakarta," kata Riza di Balai Kota DKI, Kamis, 25 November.

Menurut Riza, jika pemerintah pusat untuk terlibat aktif dalam rencana gelaran Formula E, artinya pemerintah pusat memberi perhatian lebih kepada Pemprov DKI untuk bisa menyukseskan Formula E.

"Karena ini tidak hanya menyangkut nama baik kota Jakarta tapi sesungguhnya juga ini menyangkut nama Indonesia. Tentu Bapak Presiden memberi perhatian yang baik," tutur Riza.


Sebelumnya, Co-founder Formula E Alberto Longo dari Formula E Operation (FEO) selaku pemegang lisensi Formula E menyebut penentuan lokasi pasti sirkuit gelaran Formula E akan diputuskan oleh Presiden Joko Widodo.

Hal ini dia sampaikan dalam konferensi pers bertajuk "IMI Mendorong Formula E Sukses di Indonesia" bersama Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo.

"Kami akan mengajukan proposal ke Presiden Indonesia. Beliau lah yang akan mengambil keputusan. Sebelum Natal sudah diumumkan," kata Longo, Rabu, 24 November.

Saat ini, FEO bersama Pemprov DKI akan melakukan survei ke lokasi yang menjadi calon sirkuit ajang balap mobil listrik tersebut.

Setelahnya, tim akan membuat studi kelayakan terhadap lima lokasi tersebut sebelum menyerahkan proposal kepada Jokowi.

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo membeberkan lima lokasi pilihan yang salah satunya akan dipilih menjadi sirkuit gelaran Formula E. Lokasi tersebut mulai dari Ancol hingga Jakarta International Stadium (JIS).

"Lima lokasinya berada di Pantai Indah Kapuk, (kawasan) Sudirman, JIS, JIEXPO (Kemayoran), dan Ancol," sebut Bamsoet.