Bagikan:

JAKARTA - Buruh dari berbagai elemen menuntut pemerintah terkait Upah Minimum Provinsi (UMP) dengan menggelar aksi unjukrasa di kawasan Patung Kuda, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Kamis 25 November.

Para peserta unjukrasa mendapat pengawalan ketat dari barikade aparat gabungan yang terlebih dulu berada di lokasi.

Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo, pihaknya menutup ruas Jalan Medan Merdeka Barat sebagai batas antara lokasi unjuk rasa dan area ring 1 menuju Istana Merdeka.

"Yang pertama di Patung Kuda memang seperti biasa massa akan kita pusatkan disini dan kita barikade untuk tidak bisa ke arah Istana," kata Sambodo di kawasan Patung Kuda, Kamis 25 November.

Sambodo menjelaskan, apabila nantinya jumlah massa kembali bertambah maka pihaknya akan langsung menutup dan melakukan rekayasa sejumlah ruas jalan lainnya di sekitar area unjuk rasa.

Pengalihan arus lalu lintas itu salah satunya akan dilakukan di area jalan Kebon Sirih dan jalan Budi Kemuliaan.

"Termasuk kalau mereka (massa) menutup jalan di depan Balai Kota, penutupannya nanti dari persimpangan kedutaan Amerika," katanya.

"Termasuk juga yang di Gambir arah Istana kemudian yang saat ini ditutup yakni Harmoni yang menuju ke arah Istana," imbuhnya.