Perhatikan Kesejahteraan Pegawai, Bank Ini Berlakukan Empat Hari Kerja dan Kurangi Jam Kantor Tanpa Potong Gaji
Ilustrasi pekerja. (Pexels/ThisIsEngineering)

Bagikan:

JAKARTA - Memerhatikan kesejahteraan dan kebahagiaan fisik serta mental pegawainya, bank ini melakukan sejumlah langkah penting dan berbeda dibanding bank dan perusahaan lainnya.

Selain mengurangi jam kerja, bank ini juga mengurangi hari kerja karyawan, mengizinkan mereka untuk mengambil cuti di akhir atau awal pekan, tanpa memotong gaji pegawainya.

Adalah Atom Bank, bank Inggris yang berbasis di Durham Selasa kemarin mengumumkan pengurangan jam kerja mingguan bagi 430 stafnya, dari 37,5 jam menjadi hanya 34 jam, mengharapkan sebagian besar karyawan mengambil cuti pada Hari Senin atau Jumat. Perubahan ini bersifat sukarela dan berarti staf bekerja sedikit lebih lama.

Kebijakan tersebut, yang mulai berlaku pada 1 November lalu, diperkenalkan untuk mendukung 'kesejahteraan mental dan fisik', meningkatkan produktivitas, sebut pihak perusahaan, dengan mayoritas pekerja terlah beralih ke skema kerja baru.

"Seminggu empat hari kerja akan memberi karyawan kami lebih banyak peluang untuk mengejar hasrat mereka, menghabiskan waktu bersama keluarga dan membangun keseimbangan kerja dengan hidup yang lebih sehat," terang CEO Atom Mark Mullen dalam sebuah pernyataan, mengutip CNN 23 November.

Mullen mengatakan, pengalaman Atom selama pandemi telah meledakkan banyak mitos tempat kerja modern, termasuk kebutuhan untuk bekerja di kantor.

Untuk diketahui, Atom diluncurkan pada 2016 sebagai bank seluler. Menawarkan rekening tabungan, pinjaman bisnis dan hipotek melalui aplikasinya.

Lebih jauh Mullen mengatakan kepada CNN Business, Atom tidak menguji jadwal baru dalam tim yang lebih kecil sebelum mengimplementasikannya.

"Semua orang harus melakukannya, agar kami benar-benar memahami apakah itu akan berhasil," tuturnya.

Dia menambahkan bahwa, sejauh ini, dia belum melihat penurunan produktivitas atau tingkat layanan pelanggan, tetapi akan "membutuhkan waktu bagi orang untuk menyesuaikan."

"Jika Anda baru saja menghabiskan 20 tahun dalam satu model dan, tiba-tiba, Anda dilemparkan ke yang baru, Anda bangun pada hari Jumat pagi Anda berpikir 'apa yang akan saya lakukan selama ini?'"ucap Mulan.

Mullen mengatakan dalam sebuah pernyataan, lima hari kerja dalam seminggu merupakan peninggalan abad ke-20, "tidak lagi sesuai dengan tujuan" dan dia berharap lebih banyak perusahaan akan mengikuti jejak Atom.

Untuk diketahui, para pekerja telah lama menuntut keseimbangan kehidupan kerja yang lebih besar. Dua penelitian di Islandia antara 2015 dan 2019 yang menguji coba empat hari kerja seminggu dengan tingkat gaji yang sama, tidak menemukan penurunan produktivitas yang sesuai di antara peserta, dan peningkatan dramatis dalam kesejahteraan karyawan.

Dan ketika pandemi mendorong jutaan orang untuk bekerja jarak jauh, seruan untuk meningkatkan fleksibilitas semakin keras.

Adapun Elephant Ventures, sebuah perusahaan perangkat lunak dan rekayasa data di New York City, mengatakan telah secara permanen pindah ke empat hari kerja seminggu setelah berhasil mengujinya pada Agustus 2020.

Terkait