Universitas Rhode Island Bantu 70 Ventilator untuk RS di Papua
Bantuan ventilator untuk Papua diterima di Jakarta, Jumat, 7 Agustus (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Universitas Rhode Island Amerika Serikat memberikan bantuan 70 ventilator untuk Provinsi Papua. Puluhan ventilator itu nantinya akan dioperasikan di sejumlah rumah sakit penanganan COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Papua Robby Kayame di Jayapura mengatakan, bantuan tersebut sudah diterima di Jakarta pada Jumat, 7 Agustus. Melansir Antara, nantinya alat tersebut akan dibawa ke Jayapura dengan bantuan PT. Freeport.

Kayame menambahkan, puluhan ventilator bantuan dari Universitas Rhode itu merupakan hasil upaya dari Gubernur Papua dan akan didistibusikan untuk sejumlah rumah sakit khususnya 16 rumah sakit rujukan penanganan COVID-19. 

"Mudah-mudahan alatnya segera tiba di Jayapura agar disebar ke rumah sakit yang membutuhkannya khususnya untuk penanganan pasien COVID-19," kata Kayame yang yang mengaku baru tiba di Jayapura setelah menerima bantuan tersebut di Jakarta.

Hingga Jumat kemarin, jumlah positif COVID-19 di Papua tercatat sebanyak 3.120 orang, sembuh 1.822 orang dan dirawat 1.263 orang serta 35 orang meninggal.

Dari 29 kabupaten dan kota di Papua, 19 wilayah di antaranya terpapar virus corona yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Mimika, Keerom, Biak Numfor, Sarmi, Jayawijaya, Merauke, Kepulauan Yapen, Lanny Jaya, dan Boven Digul.

Lalu ada Nabire Mamberamo Tengah, Supiori, Tolikara, Pegunungan Bintang, Yalimo, Waropen dan Kab. Puncak Jaya.