Anies Hanya Acungkan Jempol dan Masuk Kantor saat Ditanya Lokasi Formula E yang Masih 'Misteri'
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: @aniesbaswedan)

Bagikan:

JAKARTA - Gelaran Formula E tinggal 7 bulan lagi. Pemprov DKI belum juga mengumumkan lokasi sirkuit Formula E. Ketika ditanya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak menjawabnya.

Setelah menjalani acara di Blok G Balai Kota DKI Jakarta, Anies disambangi awak media. Anies ditanya mengenai lokasi pasti Formula E diselenggarakan. Merespons hal tersebut, ia hanya mengacungkan jempolnya dan segera masuk ke dalam ruangan kerjanya.

Terpisah, Managing Director Jakarta EPrix PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Gunung Kartiko mengaku pengumuman sirkuit ajang balap mobil listrik tersebut mundur sebulan ke bulan Desember.

"Memang kita belum bisa terbuka kepada teman-teman. Di bulan depan (Desember) akan kita putuskan lokasinya," kata Gunung dalam siaran langsung Instagram tempodotco, dikutip Selasa, 16 November.

Meski pemilihan calon sirkuit sudah melewati praanalisa, anak buah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini mengaku tetap membutuhkan proses untuk menentukan lokasi terbaik sebagai lintasan balap Formula E.

"FEO (Formula E Operation/pemegang lisensi Formula E) juga tidak bisa gegabah menentukan lokasinya karena memang lokasi ini di kota, bukan di dalam sirkuit," tutur Gunung.


Sebagai informasi, Jakarta resmi menjadi tuan rumah Formula E pada tanggal 4 Juni 2022. Keputusan ini ditetapkan melalui FIA World Motor Sport Council di Paris, pada 15 Oktober 2021 yang sekaligus meratifikasi kalendar balapan musim ke-8 tahun 2021/2022.

Pemprov DKI sempat menyebutkan sejumlah lokasi yang menjadi alternatif pilihan mereka, di antaranya adalah pulau reklamasi, yakni Pulau D atau Pantai Maju dan Pulau G atau Pantai Bersama. Selain itu, kawasan Senayan juga menjadi salah satu pilihan sirkuit.