Jakarta Diguyur Hujan , Pemprov DKI: Seluruh Jajaran Hingga RT/RW Siaga
ILUSTRASI ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Ibu Kota diguyur hujan sejak pukul 16.00 WIB hari ini. Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Sabdo Kurnianto menyebut seluruh jajaran bersiaga.

Jajaran Pemprov DKI yang menyiagakan personel hingga peralatan untuk meminimalisasi dampak banjir di Jakarta mulai dari organisasi perangkat daerah, suku dinas terkait, hingga RT/RW.

"Kami menyiagakan seluruh personel dan peralatan serta berkoordinasi dengan seluruh pihak saat hujan turun untuk mengoptimalkan seluruh sumber daya yang ada agar genangan atau banjir cepat surut," kata Sabdo kepada wartawan, Jumat, 12 November.

Sabdo menuturkan, penyiagaan ini dilakukan terutama di wilayah atau titik rawan banjir dengan memprioritaskan keselamatan warga. Pemprov DKI pun juga terus memberikan informasi terbaru mengenai kondisi ketinggian air.

"Kami juga terus memberikan update informasi tentang kondisi tinggi muka air di setiap pintu air, kemudian kami informasikan kepada warga," ucap Sabdo.

Sementara itu, jajaran lain yang disiagakan yakni petugas prasarana dan sarana umum (PPSU) dan damkar untuk koordinasi dengan RT/RW dan warga untuk membantu warga terdampak genangan/banjir.

Pemompaan air juga akan dilakukan agar genangan cepat surut sehingga jalan raya yang tergenang bisa tetap dilalui kendaraan.

Berdasarkan prediksi cuaca terbaru BMKG, seluruh wilayah di Jakarta berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat pada pukul 18.00-21.00 WIB.