Sempat Rendam Ratusan RT, Banjir Jakarta Siang Ini Surut Seluruhnya
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat banjir yang sempat merendam ratusan RT sejak kemarin telah surut seluruhnya pada siang ini.

"BPBD mencatat hingga pukul 11:25 WIB, seluruh genangan di wilayah DKI Jakarta sudah surut," kata Kasatpel Pengolahan Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Michael Sitanggang dalam keterangannya, Minggu 6 November.

Michael mengungkapkan surutnya banjir terjadi seiring dengan upaya kolaboratif yang dilakukan oleh OPD terkait seperti BPBD, Dinas SDA, Dinas Gulkarmat, Dinas Bina Marga, Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP dan PPSU Kelurahan.

Jajaran terkait telah mengerahkan personel berikut dengan peralatan pendukung seperti pompa mobile dalam menyedot genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik.

"Peran dari unsur masyarakat juga dilibatkan dalam upaya ini seperti pihak RT/RW, FKDM, dan tokoh masyarakat lainnya," ungkap Michael.

Namun, Michael tetap mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112.

Sebelumnya, banjir sempat menggenangi ratusan RT lainnya di Jakarta, dengan rincian 32 RT di Jakarta Timur, 128 RT di Jakarta Selatan, 2 RT di Jakarta Pusat, 10 RT di Jakarta Barat.

Sebagaimana diketahui, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta pada Sabtu, 5 November, menyebabkan kenaikan status siaga Bendung Katulampa menjadi Siaga 3 (Waspada), Pos Depok Siaga 3 (Waspada), Pos Angke Hulu Siaga 2 (Siaga), Pos Sunter Hulu Siaga 3 (Waspada) dan Pintu Air Manggarai Siaga 3 (Waspada) serta genangan di beberapa titik di wilayah DKI Jakarta.