Banjir yang Rendam 34 RT di Jakarta Sudah Surut
FOTO ILUSTRASI/DOK VOI

Bagikan:

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat titik banjir di Ibu Kota akibat hujan deras hari ini sudah surut seluruhnya. Banjir hari ini surut per pukul 18.30 WIB.

"BPBD mencatat hingga pukul 18:30 WIB, seluruh genangan di wilayah DKI Jakarta sudah surut," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnaw Adji dalam keterangannya, Rabu, 15 Maret.

Dalam penanggulangan banjir hari ini, BPBD bekerja bersama OPD terkait seperti Dinas SDA, Dinas Gulkarmat, Dinas Bina Marga, Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP dan PPSU Kelurahan yang telah mengerahkan personel berikut dengan peralatan pendukung seperti pompa mobile dalam menyedot genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik.

"Peran dari unsur masyarakat juga dilibatkan dalam upaya ini seperti pihak RT/RW, FKDM, dan tokoh masyarakat lainnya," ungkap Isnawa.

Isnawa mengimbau masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan, khususnya di musim hujan saat ini.

Sebelumnya, banjir merendam 34 RT di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur per pukul 12.00 WIB. Ketinggian air mencapai 1,1 meter.

Banjir ini terjadi akibat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada dini hari tadi.

Hujan deras hari ini juga menyebabkan kenaikan status siaga Pintu Air Manggarai, Karet, Angke Hulu menjadi Siaga 3 (Waspada), dan beberapa sungai meluap.

Adapun, kelurahan yang sempat terendam banjir yakni Kelurahan Tegal Parang, Kuningan Barat, Cawang, Cililitan, Bidara Cina, Kampung Melayu, Kedaung Kali Angke, Rawa Buaya, dan Tegal Alur.