Mulai Surut, Banjir Jakarta Masih Rendam 10 RT di Jakarta Timur
Ilustrasi warga terdampak banjir. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah titik banjir yang sempat merendam ratusan RT di Jakarta sejak kemarin telah surut pada pagi ini. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memaparkan masih ada 10 RT di Jakarta per pukul 09.00 WIB.

"BPBD mencatat genangan saat ini menjadi 10 RT atau 0,033 persen dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kasatpel Pengolahan Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Michael Sitanggang dalam keterangannya, Minggu, 6 November.

RT yang masih terendam banjir berada di Jakarta Timur. Rinciannya, terdapat 1 RT di Kelurahan Bidara Cina yang terendam banjir hingga 40 sentimeter dan 9 RT di Kelurahan Kampung Melayu yang terendam banjir hingga 75 sentimeter.

"Penyebabnya luapan Kali Ciliwung," ungkap Michael.

Kemudian, banjir juga sempat menggenangi ratusan RT lainnya di Jakarta, dengan rincian 22 RT di Jakarta Timur, 128 RT di Jakarta Selatan, 2 RT di Jakarta Pusat, 10 RT di Jakarta Barat. Namun, banjir di titik ini telah surut.

Terhadap banjir yang masih menggenang, Michael menyebut pihaknya mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat.

"Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat," ungkap dia.

Sebagaimana diketahui, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta pada Sabtu, 5 November.

Derasnya hujan itu menyebabkan kenaikan status siaga Bendung Katulampa menjadi Siaga 3 (Waspada), Pos Depok Siaga 3 (Waspada), Pos Angke Hulu Siaga 2 (Siaga), Pos Sunter Hulu Siaga 3 (Waspada) dan Pintu Air Manggarai Siaga 3 (Waspada) serta genangan di beberapa titik di wilayah DKI Jakarta.