Resmi Masuk Dinas Militer Rusia, Satu Kompi Terminator Perkuat Divisi Tank Ural
Terminator Rusia. (Wikimedia Commons/Dmitriy Fomin)

Bagikan:

JAKARTA - Sembilan kendaraan tempur pendukung tank 'Terminator' pertama, MULAI memasuki layanan dinas unit lapis baja dari Divisi Tank Pengawal ke-90 Distrik Militer Pusat yang ditempatkan di Wilayah Sverdlovsk dan Chelyabinsk mulai 1 Desember setelah uji coba yang berhasil, Komandan Distrik Militer Pusat Kolonel Jenderal Alexander Lapin mengumumkan pada Senin.

"Tahun ini, kami telah berhasil menguji metode baru menggunakan kendaraan tempur pendukung tank di Divisi Tank ke-90, dan ini telah menjadi waktu yang telah lama ditunggu-tunggu bagi kami," ujarnya mengutip TASS 8 November.

"Kami telah mempelajari semua karakteristik kendaraan tempur ini secara menyeluruh dan saya dapat mengatakan dengan pasti, setelah tes dan evaluasi operasional yang kami selenggarakan pada Bulan Juni tahun ini, kendaraan tempur pendukung tank sangat efektif dan tak tertandingi oleh daya tembaknya di kendaraan kelas ini."

“Kami sekarang akan membuat satu kompi yang terdiri dari sembilan kendaraan tempur pendukung tank yang beroperasi di resimen tank Divisi Tank ke-90 sebelum akhir tahun ini, paling lambat 1 Desember, dengan keputusan menteri pertahanan dan atas instruksi dari Kepala Staf Umum Pasukan. Pada Juni tahun depan, kami akan mengadakan latihan evaluasi operasional yang lebih besar untuk mengeksplorasi potensi penggunaan satu batalyon kendaraan tempur pendukung tank," tambahnya.

Lebih jauh Lapin menerangkan, pekerjaan juga akan dilakukan untuk melihat potensi kompi kendaraan tempur pendukung tank untuk resimen senapan motor.

terminator
Terminator Rusia. (Wikimedia Commons/Kirill Borisenko)

"Saya sangat yakin, kendaraan lapis baja ini akan berhasil mengatasi tugas tempurnya dalam pertempuran senjata gabungan, sesuai dengan persyaratan modern sebagai kendaraan daya tembak paling efisien baik, untuk mendukung tank dan menangani berbagai misi di pegunungan dan di daerah berpenduduk," paparnya.

Untuk diketahui, kendaraan tempur pendukung tank 'Terminator' tiba untuk Divisi Tank Ural pada Bulan Desember tahun lalu untuk evaluasi operasional dan bagi personel untuk belajar mengoperasikan kendaraan lapis baja baru.

'Terminator' adalah kendaraan lapis baja beroda rantai untuk memberikan dukungan tembakan dengan persenjataan yang mumpuni, instrumen pengendalian penembakkan yang canggih dan kemampuan manuver yang tinggi.

Selain itu, 'Terminator' mampu menyerang target lapis baja ringan, tank dan kendaraan tempur infanteri, termasuk beroperasi bersama dengan sistem pertahanan udara medan perang untuk melawan helikopter musuh dan pesawat berkecepatan rendah yang terbang rendah.