Lulus Uji Coba Negara, Chukavin Siap Gantikan Senjata Penembak Jitu Legendaris Rusia Dragunov SVD
Senapan penembak jitu Snaiperskaya Vintovka Chuvakin atau SVCh. (Tangkapan layar YouTube Channel Калашников)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu simbol persenjataan Uni Soviet dan berikutnya Rusia, senapan penembak jitu Dragunov SVD, kini telah memiliki penerus, Snaiperskaya Vintovka Chuvakin alias SVCh atau cukup Chukavin.

Lulus uji coba negara pada 5 Oktober lalu, Chukavin tengah dalam persiapan untuk segera memasuki dinas di Angkatan Darat Rusia. Seperti SVD, Chukavin juga diproduksi oleh konsorsium Kalashnikov.

Kian usangnya SVD, meski terus mendapatkan pembaharuan, membuat kehadiran SVCh diperlukan menurut pihak pabrikan, seperti mengutip Sputnik News 8 Oktober.

Satu-satunya persamaan kedua senapan penembak jitu atau sniper ini adalah kartridnya yang menggunakan ukuran khas Soviet 7,62x51 mm. Ada juga versi senapan yang dapat menembakkan peluru kaliber 7.62x51mm standar NATO, tetapi dalam hal ini magasinnya berbeda. Sementara untuk magasinnya tersedia dalam kapasitas 10, 15 atau 20 peluru.

vladimir putin coba chukavin
Ilustrasi Presiden Vladimir Putin saat menjajal senapan Chukavin SVCh. (Wikimedia Commons/Kremlin.ru/Пресс-служба Президента Российской Федерации)

Senapan baru ini jauh lebih pendek dari pendahulunya, 995-1015 mm dibandingkan 1155 mm milik SVD, dengan berat hanya 4,2 kilogram berbanding 5,3 kilogram milik SVD. Pihak Kalasnikov menyebut jarak efektif Chukavin mencapai 1.200 meter.

Laras diproduksi dengan apa yang disebut metode tekanan radial, yang memungkinkan tercapainya presisi dan kualitas yang unggul. Selain itu, semua bagian yang bergerak diposisikan sedemikian rupa sehingga berada pada garis yang sama , sehingga mengurangi gerakan lateral yang dapat memengaruhi akurasi pemotretan Anda.

Selain itu, tidak seperti SVD, SVCh dilengkapi dengan rel Picatinny, sehingga memungkinkan untuk menggunakan lebih banyak variasi aksesori dan peralatan. Tak kalah penting, pemicu keamanannya benar-benar berbeda: sekarang dioperasikan oleh ibu jari dengan cara yang sepenuhnya ergonomis.

chukavin
Perbandingan SVD (atas) dengan Chukavin. (Tangkapan layar YouTube Channel Калашников)

Seluruh proses desain dan pengembangan senapan baru dilakukan secara digital, seperti yang ditunjukkan oleh konsorsium Kalashnikov di salah satu videonya. Sepanjang proses ini, komponen dengan karakteristik optimal dibuat dan diuji secara dinamis untuk setiap inkonsistensi bahkan sebelum senapan itu sendiri diproduksi.

Senapan sniper SVCh pertama kali diperkenalkan di forum Angkatan Darat 2017, di mana Presiden Rusia Vladimir Putin menembakkan beberapa tembakan dengannya. Sejak itu, senapan telah diuji oleh berbagai cabang Angkatan Bersenjata Rusia dalam rangka proses homologasi negara, yang berhasil dilewatinya.

"Senapan sniper Chukavin sedang dikembangkan untuk Kementerian Pertahanan Rusia di bawah program pengembangan Zhnets. Hanya akan ada satu varian senjata tentara," sebut seorang juru bicara Kalashnikov, mengutip TASS 24 Agustus.