Gubernur hingga Jaksa Agung Negara Bagian Berencana Menggugat Mandat Vaksinasi COVID-19 Presiden Joe Biden
Presiden Joe Biden saat meninjau sentra vaksinasi COVID-19. (Wikimedia Commons/Official White House Photo)

Bagikan:

JAKARTA - Tiga gubernur negara bagian diperkirakan akan menuntut penghentian persyaratan Pemerintahan Presiden Biden, meminta hampir 2 juta pengusaha untuk menguji atau memvaksinasi COVID-19 pekerjanya, dengan mengatakan hal tersebut menginjak-injak kebebasan sipil.

Setelah Presiden Biden yang berasal dari Partai Demokrat menyebut aturan tersebut mulai 4 Januari, Gubernur Florida yang berasal dari Partai Republilk Ron DeSantis mengatakan, dia akan bergabung dengan gubernur Georgia dan Alabama serta penggugat swasta untuk mengajukan gugatan.

"Pemerintah federal tidak bisa begitu saja memaksakan kebijakan medis secara sepihak dengan kedok peraturan tempat kerja," kata DeSantis pada konferensi pers, mengutip Reuters 5 November.

Gubernur Partai Republik di Indiana, Iowa dan Nebraska juga bersumpah untuk menentang langkah tersebut di pengadilan.

Peraturan tersebut diterapkan sebagai aturan darurat yang jarang digunakan dari OSHA, atau Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja, regulator tempat kerja federal.

"Presiden Biden baru saja mengumumkan rencananya untuk menggunakan OSHA untuk mengamanatkan vaksin pada bisnis swasta," Jaksa Agung Texas Ken Paxton, seorang Republikan, menulis di Twitter pada hari Kamis.

"Saya mengumumkan rencana saya untuk menuntutnya setelah peraturan ilegal dan inkonstitusional ini masuk Daftar Federal," sambungnya.

Texas adalah salah satu negara bagian yang dipimpin Partai Republik, yang telah mengeluarkan perintah eksekutif atau memberlakukan undang-undang yang melarang mandat vaksin COVID-19 atau mencegah pengusaha mencari status vaksinasi karyawan.

OSHA mengatakan aturan itu lebih diutamakan daripada undang-undang negara bagian yang saling bertentangan. Aturan ini akan mulai berlaku pada Hari Jumat, ketika akan diterbitkan dalam daftar federal.

Setidaknya dua tuntutan hukum diajukan terhadap mandat pada hari Kamis, satu oleh Phillips Manufacturing & Tower dan Sixarp LLC dan yang lainnya oleh Bentkey Services LLC, yang memiliki The Daily Wire, sebuah perusahaan media konservatif. Keduanya diajukan di Pengadilan Banding Sirkuit AS ke-6 di Cincinnati.

Menanggapi penentang aturan tersebut, seorang pejabat senior administrasi mengatakan, OSHA jelas memiliki wewenang untuk bertindak melindungi pekerja dari bahaya kesehatan dan keselamatan. COVID-19 telah menewaskan lebih dari 745.000 orang di Amerika Serikat.

Sebelumnya, Presiden Biden mengatakan pada Bulan September, kesabaran menipis dengan 30 persen orang Amerika tetap enggan divaksinasinasi, dengan sebagian besar dari mereka dirawat di rumah saat saat gelombang infeksi COVID-19 terbaru.

Kebijakan vaksin digunakan oleh bisnis swasta dan pemerintah daerah untuk menaikkan tingkat vaksinasi COVID-19, dengan pengadilan umum mendukungnya karena negara bagian biasanya memiliki kekuatan untuk mengatur perawatan kesehatan di dalam perbatasan mereka.

Berbagai macam lawan telah mengisyaratkan niat mereka untuk menuntut. Penggunaan aturan darurat OSHA sebelumnya memiliki riwayat diblokir di pengadilan. Bahkan jika mandat tersebut ditegakkan oleh pengadilan, beberapa negara bagian mungkin masih tidak menerapkan aturan tersebut.

OSHA berlaku untuk tempat kerja swasta di 29 negara bagian. Negara bagian yang tersisa, termasuk Indiana dan Iowa, memiliki OSHA yang dikelola negara bagian mereka sendiri yang diharuskan untuk mengadopsi aturan federal.

Untuk diketahui, OSHA mengeluarkan aturan COVID-19 serupa untuk pengaturan perawatan kesehatan pada Bulan Juni. Pada Bulan Oktober, badan federal mengancam akan mengambil alih badan-badan OSHA yang dikelola negara di Arizona, Carolina Selatan dan Utah karena gagal mengadopsinya. Arizona dan South Carolina sejak itu mengatakan mereka telah memulai proses untuk mengadopsi aturan tersebut. Pejabat di Utah tidak menanggapi permintaan komentar.