Bagikan:

JAKARTA - Sebuah pengadilan banding federal di AS pada Kamis 10 Agustus akan mempertimbangkan untuk menghapus perintah hakim Louisiana yang membatasi kemampuan pemerintahan Presiden Joe Biden untuk berkomunikasi dengan perusahaan media sosial guna mendorong mereka memoderasi informasi yang dianggap berbahaya atau menyesatkan.

Sebuah panel tiga hakim dari Pengadilan Banding Amerika Serikat Sirkuit Kelima yang cenderung konservatif di New Orleans dijadwalkan mendengarkan argumen dalam banding administrasi terkait keputusan hakim, yang menemukan bahwa pemerintah secara salah mendorong perusahaan media sosial untuk menekan pandangan politik yang tidak disenangi.

Keputusan hakim Terry Doughty pada tanggal 4 Juli muncul atas permintaan jaksa agung negara bagian Louisiana dan Missouri yang mengklaim bahwa ucapan konservatif telah disensor di platform media sosial, terutama tentang kebijakan COVID-19.

Doughty, yang diangkat oleh mantan Presiden dari Partai Republik, Donald Trump, mengatakan bahwa pejabat di bawah Presiden Demokrat Joe Biden dan Trump telah efektif memaksa perusahaan media sosial untuk menyensor pos yang dikhawatirkan akan memicu keraguan vaksin selama pandemi COVID-19 atau mengguncangkan pemilihan umum.

Dia mengatakan upaya "Orwellian" itu dimulai pada tahun 2019 dengan pejabat yang meminta perusahaan media sosial seperti Meta Platform's induk  Facebook, Alphabet Inc-owned induk YouTube, dan Twitter, yang sekarang dikenal sebagai X Corp, untuk membatasi penyebaran pos yang dianggap sebagai informasi yang salah.

Doughty mengatakan tindakan-tindakan tersebut menyebabkan penekanan terhadap pos-pos yang menentang vaksin, persyaratan masker, dan pembatasan lockdown yang diperintahkan pemerintah untuk mengatasi penyebaran COVID-19, serta penentangan terhadap validitas pemilihan 2020, yang dimenangkan oleh Biden atas Trump.

Hakim tersebut, yang gedung pengadilannya di Monroe telah menjadi tempat favorit untuk tantangan-tantangan Republikan terhadap kebijakan Biden, mengatakan "kampanye sensor yang luas" itu melanggar jaminan kebebasan berbicara dari Amendemen Pertama Konstitusi AS.

Dia melarang lembaga pemerintah, termasuk Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan serta Biro Penyelidikan Federal, dari berbicara dengan perusahaan media sosial untuk mencari penghapusan atau penekanan konten yang berisi pidato bebas yang dilindungi, dengan pengecualian sempit.

Pemerintahan Biden dengan cepat mengajukan banding, dan Sirkuit Kelima sementara menangguhkan keputusan hakim tersebut sambil mendengarkan kasusnya.

Pemerintah membantah telah memaksa perusahaan media sosial untuk menghapus pos apapun. Pemerintah mengatakan perintah Doughty menghambat kemampuannya untuk mengatasi informasi yang salah dalam keadaan darurat dan melanggar hak pemerintah sendiri untuk berbicara dengan bebas.

Panel yang akan mendengar banding administrasi Biden termasuk tiga hakim yang semuanya diangkat oleh presiden Republik, Hakim Sirkuit AS Edith Brown Clement, Jennifer Walker Elrod, dan Don Willett.

Kasus ini telah menarik banyak pendapat aktivis pengadilan, yang pada umumnya pecah berdasarkan garis partai. Jaksa agung negara bagian Republik dan anggota Kongres telah memberikan dukungan kepada kedua negara bagian, sementara negara-negara bagian yang dipimpin oleh Demokrat mendukung pemerintahan.