Pemkab Simeulue Aceh Kembangkan Destinasi Wisata Pulau Mincau
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

BANDA ACEH - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simeulue, Aceh, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mengembangkan destinasi wisata Pulau Mincau yang berada di Samudra Hindia guna meningkatkan kunjungan wisatawan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Simeulue Asmanuddin mengatakan objek wisata Pulau Mincau saat ini kondisinya masih alami. Pulau Mincau masuk wilayah administrasi Kecamatan Teupah Barat.

"Destinasi wisata Pulau Mincau sudah kami masukan dalam rencana pengembangan wisata dan segera dikembangkan menjadi daerah kunjungan wisatawan," kata Asmanuddin dikutip Antara, Rabu, 3 November.

Asmanuddin mengatakan sebelum COVID-19 mewabah, Pulau Mincau merupakan objek wisata andalan Kabupaten Simeulue yang ditawarkan kepada wisatawan mancanegara.

"Dalam buku panduan wisata di Simeulue, Pulau Mincau itu masuk dalam objek wisata andalan. Kami juga sedang mengkaji pembangunan infrastruktur di pulau tersebut," kata Asmanuddin.

Selain Pulau Mincau, Asmanuddin mengatakan Pulau Sepongebob di Desa Bunon, Kecamatan Teupah Barat, juga masuk rencana induk pengembangan pariwisata daerah Kabupaten Simeulue.

Menurut Asmanuddin, perencanaan tersebut akan dilakukan dalam tahun 2022 mendatang. Namun, jika dimungkinkan rencana tata ruang untuk pembangunan objek wisata tersebut akan dilakukan pada tahun ini.

"Objek wisata tersebut sedang kita rencanakan untuk dikembangkan, ada beberapa objek wisata lain di Simeulue ini juga yang sedang kita siapkan," papar Asmanuddin.

Asmanuddin mengatakan Pemerintah Kabupaten Simeulue terus berupaya mengembangkan objek wisata. Bukan hanya wisata pulau dan laut, tetapi juga pegunungan dan lainnya.

"Semua objek wisata yang menarik di Simeulue ini akan kami kembangkan, sehingga menarik kunjungan wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara," kata Asmanuddin.