Polantas Minta Bawang Ganti Denda Tilang Memang Nakal Sengaja Cari Kesalahan
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo/DOK ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyebut oknum polisi lalu lintas (polantas) yang meminta sekarung bawang memang sengaja mencari kesalahan sopir truk. Hal ini diketahui dari hasil pemeriksaan.

"Ya (sengaja), ini kan memang nakal," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo kepada wartawan, Rabu, 3 November.

Aipda PDH menghentikan laju kendaraan truk. Dia kemudian mencari kesalahan untuk mendapatkan uang.

"Jadi ketika menemukan ada pelanggarannya atau pun ketika dimintai uang malah minta bawang, ini memang nakal," kata Sambodo.

Selain itu, Sambodo menegaskan Aipda PDH telah menerima sanksi pemindahan tugas sebagai Pelayanan Masyarakat (Yanma). Bahkan, dia telah ditahan untuk sementara waktu.

"Saat ini (Aipda PDH) melaksanakan pemeriksaan dan sedang ditahan dalam rangka pemeriksaan tersebut," tandas Sambodo.

Sebelumnya, beredar di media sosial aksi oknum polisi lalu lintas (polantas) yang diduga melakukan pungutan liar (pungli). Di mana, oknum polantas itu menilang truk tapi justru meminta sekarung bawang sebagai ganti denda tilang.

Aksi oknum Polantas itu diunggah akun Twitter @Pasifisstate. Belakangan, aksi dugaan pungli itu diketahui terjadi di kawasan Tangerang, Banten