Jadi Pembicara Forum C40, Anies: Jakarta Selesaikan Rencana Aksi Iklim yang Ambisius
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Humas DKI Jakarta)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi pembicara dalam forum internasional Steering Committee Meeting C40 Cities Climate Leadership Group (C40). Anies menghadiri forum ini secara virtual.

Forum rapat pengarahan yang digelar tersebut merupakan side event dari Konferensi Tingkat Tinggi COP26 di Glasgow, Inggris, yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam forum tersebut, Anies mengklaim Jakarta telah menyelesaikan rencana perbaikan iklim lewat aturan yang ia buat. Aturan tersebut adalah Peraturan Gubernur No 90 tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Rendah Karbon Daerah yang Berketahanan Iklim.

“Jakarta akhirnya menyelesaikan rencana aksi iklimnya yang ambisius. Melalui penetapan regulasi sebagai dasar yang lebih kuat untuk implementasi aksi iklim sekaligus upaya untuk melaksanakan misi besar C40, untuk mendorong kota-kota di dunia menyelesaikan rencana aksi iklim mereka,” kata Anies, dikutip pada Selasa, 2 November.

Anies menganggap, kota memiliki peran signifikan dan vital dalam menyukseskan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, sebagai upaya untuk mengatasi dampak katastropik dari perubahan iklim.

Karenanya, Anies menyebut C40 dalam kegiatan KTT COP26 amat penting. Anies pun mengusulkan tiga agenda bahasan yang dapat disampaikan jejaring C40 dalam forum COP26.

“Pertama, C40 perlu memimpin dan mendorong upaya kota dalam melakukan aksi iklim ke tingkat nasional, sebagaimana tercermin dalam Nationally Determined Contribution (NDC) masing-masing negara," ucap Anies.

"Kedua, C40 juga akan mendorong untuk mengembangkan arsitektur pendanaan iklim yang mampu membantu kota-kota untuk mengimplementasikan rencana aksi iklim mereka. Ketiga, mari kita dorong multi level governance di kota-kota yang mampu mengembangkan kolaborasi lintas sektor, lintas batas, dan lintas generasi. Mari bekerja bersama,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Anies juga mengapresiasi Wali Kota Los Angeles, Eric Garcetti, sebagai pimpinan C40, karena telah memberikan dukungan dalam perumusan rencana aksi iklim di Jakarta dan kota-kota dunia lainnya, sehingga memperluas jaringan C40 ke lebih dari 40 kota di dunia.

Tak lupa, Anies juga memberikan selamat kepada Walikota London, Sadiq Khan yang menjadi pimpinan baru C40 untuk lebih mendorong kota-kota di dunia agar berkontribusi aktif dalam aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.