John Legend Sesalkan Musisi Berkulit Hitam Sulit Dapat Grammy

JAKARTA - Isu Black Lives Matter masih bergaung hingga saat ini. Setelah kepergian George Floyd dalam keadaan mengenaskan, pembicaraan mengenai rasisme dalam kehidupan terus berlanjut, termasuk industri musik.

Dilansir dari NME, Rabu, 15 Juli, penyanyi kenamaan John Legend melakukan wawancara dengan Entertainment Weekly. Ia mengungkapkan tidak mungkin dan sulit bagi seniman berkulit hitam untuk meraih penghargaan di kategori besar Grammy.

Empat kategori umum di Grammy adalah Album Terbaik, Rekaman Terbaik, Lagu Terbaik, dan Artis Terbaik. Sebelumnya, rapper Diddy pernah menyebutkan black music tidak memiliki presentasi yang baik dalam ajang penghargaan, termasuk Grammy.

“Berapa tahun lagi kita bisa melihat Beyonce dicurangi? Kanye West tidak pernah menang. Ini gila… kita harus melakukan sesuatu,” jawab pelantun All of Me ini.

Lebih lanjut, John Legend juga setuju apa yang dikomplain Diddy mengenai industri musik saat ini. Menilik daftar pemenangnya, Grammy hanya memiliki 20 persen pemenang berkulit hitam. Penghargaan kategori besar Grammy yang diraih oleh musisi berkulit hitam terakhir adalah musisi Herbie Hancock pada tahun 2008. Isu rasisme pun sering disebutkan setiap Grammy menggelar acaranya.

Pada tahun 2017, NPR menyebut musisi seperti Beyonce dan Chance the Rapper hanya beberapa musisi yang berhasil merebut penghargaan umum dibandingkan musisi berkulit hitam lain yang kalah dengan musisi non kulit hitam.

Padahal jika diteliti, banyak musisi berkulit hitam yang menampilkan performa yang besar bahkan lebih dari segi musik. Sayangnya, Grammy tidak banyak memperhatikan hal tersebut. John Legend sendiri memiliki 31 nominasi dari Grammy Awards di mana ia hanya memenangkan 7 kategori.

Ia hanya pernah mendapat kategori Lagu Terbaik dengan Ordinary People, sementara lainnya adalah nominasi segmen seperti R&B maupun Rap. Hingga saat ini, Grammy belum membuka suara terkait isu rasisme dalam pemilihan nominasinya.

Di sisi lain, John Legend baru merilis album Bigger Love dengan lagu terbaru berjudul sama. Dalam album ini, Legend berkolaborasi dengan Jhené Aiko, Koffee, Rapsody and Camper.