The Weeknd Tuduh Pihak Grammy Tidak Transparan dalam Pilih Nominasi
The Weeknd (Instagram @theweeknd)

Bagikan:

JAKARTA - Penyanyi The Weeknd membuka suara terkait namanya yang tidak muncul dalam satu pun nominasi Grammy Awards 2021.

Melalui akun Twitter-nya, ia menuliskan, “Grammy tetap korup. Anda berhutang kepada saya, penggemar saya, dan transparansi industri…”

Ia mengisyaratkan proses pemilihan nominasi di mana pihak komite yang memilih nominasi dibuat rahasia.

Ketiadaan The Weeknd pada nominasi Grammy 2021 menjadi salah satu pertanyaan besar dan tidak ada yang mampu menjelaskan alasannya.

Padahal album After Hours yang dirilis pada Maret mendapat berbagai penghargaan di American Music Awards serta memasang rekor sebagai lagu yang paling lama bertahan di Billboard Top 10 Chart, Billboard Hot 200, Artist 100, Songwriters and Hot 100.

Selain itu, album ini menjadi album yang paling banyak di pre-save dalam sejarah musik digital.

Melansir Variety pada hari ini, 25 November, sebuah sumber menyebutkan pihak The Weeknd dan Grammy bernegosiasi karena The Weeknd dijadwalkan tampil dalam malam puncak Grammy dan acara Superbowl Halftime Show.

Tetapi, pada hari ini ketika tidak ada nama The Weeknd dalam nominasi, pihak The Weeknd seakan tidak diberitahu mengenai perubahan negosiasi.

Tidak sedikit warganet yang menduga hal ini terkait dengan rasisme Grammy terhadap musisi berkulit hitam. Proses pemungutan suara juga menerima kritik karena komite voting yang terdiri dari 10.000 orang yang terdiri dari musisi, produser, penulis lirik, dan sebagainya.

Komite yang dirahasiakan juga menjadi pertanyaan masyarakat karena mereka tidak menjelaskan proses memilih nominasi dan pemilihan komite tersebut.