Billboard Bikin Aturan <i>Chart</i> Baru, Hapus Bundel <i>Merchandise</i>
Tangkapan layar chart Billboard

Bagikan:

JAKARTA - Billboard akan melakukan perubahan pada aturan untuk Billboard 200, Hot 100 dan chart album dan lagu lainnya. Pengumuman yang dibuat hari ini, 14 Juli, datang ketika mereka mencoba untuk memperbaiki bagaimana penjualan dihitung sehubungan dengan bundel album.

Bundel album merupakan penjualan album bersama barang dagangan dan tiket konser, serta penjualan digital instan yang melekat pada pembelian album fisik yang diterima di kemudian hari. Semua ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan.

Di bawah aturan baru, Billboard akan menghilangkan penghitungan bundel album di albumnya dan tangga lagu seluruhnya. Baca laporan lengkap Billboard di sini.

Aturan tersebut juga menyatakan, album yang dibundel dengan segala jenis musik merchandise tambahan "dipromosikan sebagai tambahan agar" diperhitungkan di tangga lagu resmi.

Lebih jauh, penjualan album fisik atau single yang dibundel dengan unduhan digital tidak akan lagi diperhitungkan sebagai penjualan digital, hanya diperhitungkan dalam bagan begitu salinan fisik dikirim.

Menurut Billboard, perubahan ini dilakukan untuk mengatasi kekhawatiran bahwa chart tersebut tidak mencerminkan niat pembelian konsumen sekaligus untuk menyamakan kedudukan bagi semua artis.

Pada bulan Januari, Billboard mengumumkan tiga perubahan besar pada aturan bundlingnya, termasuk persyaratan bahwa barang dagangan yang dijual secara terpisah harus lebih murah harganya dari bundel yang termasuk dalam album.

Pengumuman hari ini menggantikan aturan-aturan yang sebelumnya diterapkan ini, Billboard sekarang mengatakan bahwa langkah-langkah itu gagal mencapai tujuan yang dimaksudkan secara akurat mencerminkan niat konsumen.

Namun, tanggal dimulainya pedoman baru ini belum diumumkan.