Bagikan:

JAKARTA - Pekan lalu TikTok dan Billboard mengumumkan peluncuran TikTok Billboard Top 50 Chart resmi. Ini adalah sebuah chart mingguan baru yang terdiri dari lagu-lagu paling populer di platform tersebut di Amerika Serikat. TikTok Billboard Top 50 Chart tersedia untuk semua pengguna di Amerika Serikat melalui TikTok dan Billboard.com.

TikTok Billboard Top 50 Chart adalah chart resmi pertama di Amerika Serikat yang memantau penemuan dan keterlibatan musik di platform tersebut. Ini adalah daftar terverifikasi dari lagu-lagu paling populer di TikTok setiap minggu, yang memberikan catatan yang paling akurat tentang tren musik saat ini yang terjadi di pasar Amerika Serikat.

Chart ini didasarkan pada kombinasi kreasi, tampilan video, dan keterlibatan pengguna oleh komunitas TikTok di Amerika Serikat, dan akan dirilis setiap minggu pada hari Kamis.

Sexyy Red menduduki peringkat pertama di chart ini dengan lagu "SkeeYee". Dominasi musik Sexyy Red tidak hanya terbatas pada peringkat pertama. Artis ini juga muncul tiga kali lagi di TikTok Billboard Top 50 Chart yang pertama. Di peringkat kedua adalah "Paint the Town Red" milik Doja Cat, dan peringkat ketiga ditempati oleh "august" milik Taylor Swift.

“TikTok sudah menjadi platform paling kuat di dunia untuk penemuan musik dan promosi, dan setiap minggunya komunitas penggemar musik kami yang bersemangat mendorong lagu-lagu masuk ke chart Billboard. Oleh karena itu, sangat masuk akal untuk bermitra dengan Billboard untuk menciptakan TikTok Billboard Top 50 Chart. Chart ini memberikan gambaran jelas tentang musik yang sedang didengarkan di TikTok, dan dengan demikian mulai menjadi tren di DSPs (platform streaming musik digital) dan layanan lainnya," kata Ole Obermann, Kepala Pengembangan Bisnis Musik Global di TikTok, dalam posting blog.

“Kami sangat senang bermitra dalam chart Billboard pertama di TikTok. Di Billboard, kami terus mengembangkan chart kami untuk mencerminkan cara penggemar terlibat dengan musik dan menghubungkan mereka lebih dalam dengan para artis yang mereka cintai," kata Mike Van, Presiden Billboard.

"Kami melihat peluang jelas untuk mengakui bagaimana penemuan musik di TikTok membentuk budaya populer dan bangga dapat menawarkan alat ini kepada industri, sambil memberikan merek cara baru untuk terlibat dengan penggemar musik secara luas. Anda bukanlah nomor satu sampai Anda menjadi nomor satu di Billboard,” tambah Mike Van.

“Saya sangat senang bahwa banyak lagu saya masuk chart di TikTok dan chart baru Billboard. Saya selalu tahu bahwa saya akan menjadi jenis artis nomor satu, jadi saya ingin berterima kasih kepada semua penggemar saya di TikTok yang telah memainkan musik saya! Saya hanya menjadi diri saya sendiri di TikTok dan orang-orang menyukainya," kata Sexyy Red.

Untuk mengunjungi chart ini, cukup buka aplikasi TikTok, tekan pada ikon bulatan di sudut bawah layar, lalu ketuk tombol 'Music Charts' di kanan atas. Di sana Anda akan menemukan TikTok Billboard Top 50 Chart. Chart ini juga dapat dilihat di billboard.com, diperbarui setiap Kamis pagi.