Menangkan Tony Award, Jennifer Hudson Peroleh Status EGOT
Jennifer Hudson (Instagram @iamjhud)

Bagikan:

JAKARTA - Jennifer Hudson menjadi figur publik ke-17 yang memperoleh status EGOT. Hal ini didapatkan setelah ia memenangkan penghargaan di Tony Awards untuk A Strange Loop, musikal yang ia produseri.

Selain itu Jennifer Hudson juga menjadi orang kulit hitam ketiga yang meraih EGOT setelah John Legend dan Whoopi Goldberg.

Apa itu EGOT? EGOT merupakan singkatan dari Emmy, Grammy, Oscar, dan Tony. Status ini diberikan kepada mereka yang memperoleh empat penghargaan prestisius tersebut.

Hudson pertama kali menapaki langkah di EGOT pada tahun 2007. Ia memperoleh Pemeran Pendukung Terbaik di Oscar untuk aktingnya dalam film Dreamgirls.

Dua tahun kemudian, ia memenangkan Grammy untuk album debutnya dalam kategori Album R&B Terbaik. Kariernya berlanjut sebagai produser ketika ia memproduseri beberapa film, salah satunya Baba Yaga.

Pada tahun 2021, Jennifer Hudson mendapat Daytime Emmy sebagai produser eksekutif untuk Baba Yaga. Begitu juga tahun ini di mana ia memperoleh kredit untuk A Strange Loop dalam Tony Award.

Whoopi Goldberg memperoleh status EGOT di tahun 2002 sementara John Legend di tahun 2017. Status EGOT mereka lengkap setelah mereka menjadi produser untuk musikal.

Di sisi lain ada banyak aktor serta musisi yang membutuhkan penghargaan Tony untuk melengkapi status EGOT. Mereka adalah Julie Andrews, Cher, Randy Newman, Trent Reznor, Atticus Ross, Martin Scorsese, Barbra Streisand, John Williams dan Kate Winslet.

Dipandu Ariana DeBose, Tony Award merupakan penghargaan untuk musikal dan teater yang kembali digelar setelah pandemi. A Strange Loop diumumkan sebagai Best Musical dalam penghargaan tersebut.