Viral Slip Gaji Petugas Kebersihan Pertamina Sebesar Rp13 Juta, Ini Faktanya

JAKARTA - Sebuah foto yang menunjukkan slip petugas kebersihan Pertamina yang besarnya mencapai Rp13.625.000 mendadak viral. slip gaji tersebut tertanggal 7 April 2021. 

Slip yang berupa form dengan tulisan tangan itu memiliki logo Pertamina dan merinci gaji pokok beserta bonus yang diterima oleh karyawan tersebut. Sebenarnya gaji pokoknya hanya Rp3 juta, namun ada bonus-bonus lain yang jumlahnya fantastis.

Bonus absen tercatat mencapai Rp950.000, sedangkan bonus kerja sebesar Rp1,5 juta. Namun yang paling fantastis dari semuanya adalah uang lemburan yang jumlahnya mencapai Rp8.175.000. Bagaimanapun, jumlah itu sangat besar untuk gaji karyawan.

Nilai gaji yang fantastis untuk petugas kebersihan itulah yang membuat warganet penasaran. Namun, ada satu yang mengganjal, slip gaji tersebut ditulis tangan. Apakah slip gaji itu asli?

Dilansir dari Kompas, slip gaji tersebut ternyata palsu dan bukan dikeluarkan oleh Pertamina. Pihak Pertamina mengungkapkan bahwa gaji petugas kebersihan dibayar oleh pihak ketiga.

"Informasi berupa foto tersebut tidak benar atau hoaks lama," ungkap Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations PT Pertamina (Persero) Agus Suprijanto. "Slip gaji tidak menggunakan tulisan tangan, sesuai dengan prosedur yang berlaku dan dilakukan secara profesional," lanjutnya.

Selain itu, Agus menjelaskan bukti lain bahwa slip gaji petugas kebersihan Pertamina dengan nominal Rp13.625.000 adalah palsu. "(Slip gaji) tidak menggunakan logo Pertamina," lanjutnya.