Ciptakan Ekosistem Positif, Cek 10 Manfaat Menggunakan Aplikasi Slip Gaji Bagi Karyawan dan Perusahaan
Ilustrasi slip gaji karyawan

Bagikan:

JAKARTA – Mencatat setiap pengeluaran dalam arus keuangan penting dilakukan. Untuk mengurangi keribetan dan bisa pencatatan lebih efektif bisa memakai aplikasi slip gaji berbasis digital.

Slip Gaji merupakan bukti sah dalam pemberian gaji pada karyawan dari perusahaan. Data yang tercatat dalam slip gaji antara lain gaji pokok, gaji tambahan, pemotongan gaji jika ada, potongan pajak, dan total gaji bersih yang diterima.

Dirangkum VOI, berikut 10 manfaat yang didapat ketika memakai aplikasi slip gaji digital.

1. Data keuangan karyawan lebih jelas

Arus keuangan sebuah perusahaan menggambarkan ekosistem. Jika hal sensitif terkait keuangan karyawan terdata dengan lebih jelas, maka pihak keuangan akan dimudahkan dalam mengelola, menghitung, dan memberikan sejumlah gaji karyawan sesuai data.

2. Data gaji karyawan terdokumentasi dengan baik

Slip gaji berupa kertas rawan hilang dan rusak. Bagi karyawan, kehilangan slip artinya kehilangan dokumen hasil pemasukan. Sedangkan bagi perusahaan, apabila arsip gaji karyawan luput dan terselip maka untuk mengecek arus keuangan harus kerja dua kali.

Itu artinya, butuh cara efektif untuk menyimpan dan mendokumentasikan slip gaji. Dan menggunakan aplikasi slip gaji merupakan langkah praktis.

3. Transparansi untuk perhitungan Gaji Bulanan

Membicarakan detail mengenai perhitungan gaji bagi karyawan bisa dijadikan salah satu yang bisa sensitif untuk perusahaan maupun karyawan itu sendiri. Dan dengan data digital tersebut, aplikasi slip gaji bisa dijadikan dan sangat memungkinkan untuk perusahaan bagi memberikan banyak sekali detail di dalam data yang tertulis dengan slip gaji.

Transparansi ini dihitung dengan perhitungan yang menjadi ukuran dan pertimbangan untuk karyawan di dalam masa bekerja. Dan juga dengan transparansi penggajian yang bagus, anda harus meningkatkan kepercayaan bagi karyawan supaya bisa semakin tinggi dan juga bisa memiliki dampak pada kinerja karyawan untuk perusahaan tempat ia bekerja.

4. Meminimalkan biaya operasional perusahaan

Berbagai fitur ditawarkan oleh aplikasi slip gaji. Slip gaji dengan fitur menguntungkan perusahaan seperti aplikasi Talenta by Mekari bisa diakses via gawai tanpa mencetak pada kertas dan tinta.

Aplikasi Talenta by Mekari ini juga bisa  mempermudah Anda pada sistem absensi karyawan di perusahaan dan juga memudahkan anda dalam hal perizinan karyawan. Perusahaan juga tidak perlu membeli berbagai alat konvensional seperti printer yang digunakan untuk mencetak slip gaji, peralatan absensi yang mahal, dan juga kertas yang juga semakin mahal.

5. Menyajikan data yang lebih akurat.

Di dalam setiap kantor maupun perusahaan, pastinya mempunyai pola penggajian dengan sistem yang berbeda-beda. Dan proses input data yang dilakukan untuk pembayaran karyawan juga akan menjadi lebih mudah jikalau sistem yang digunakan telah berubah menjadi digital dan HR hanya berkewajiban memasukkan data yang ada mengenai absensi, dan juga perijinan di segala hal mulai dari bonus yang didapatkan dan juga potongan gaji yang berlaku bagi masing-masing karyawan.

Sistem pembayaran yang ada juga bisa anda sesuaikan dengan cara menghitung otomatis gaji yang didapatkan oleh masing-masing karyawan. Data tersebut bisa dengan mudahnya diubah dan juga bisa diupdate secara realtime untuk perusahaan sehingga dapat digunakan untuk memantau serta mengawasi keuangan pada perusahaan terutama jika ini digunakan untuk sistem penggajian.

Aplikasi juga bisa membuat tingkat akurasi data yang ada menjadi semakin menguntungkan untuk perhitungan keuangan pada perusahaan anda.

6. Meningkatkan Efisiensi Keuangan

Kalau perusahaan Anda masih menggunakan sistem slip gaji yang manual, pastinya akan membutuhkan orang yang bertugas untuk memindahkan data untuk menghitung waktu kerja, absensi, pajak, dan juga tunjangan. Ini juga bisa meliputi kas, bon, serta untuk pembuatan daftar transfer serta formulir pajak.

Proses ini bisa terbilang cukup panjang dan juga membutuhkan banyak waktu pada setiap pemutaran gaji. Nah, aplikasi ini karena sudah berbasis digital bisa dipastikan bisa membantu pekerjaan anda dengan mudah hanya melalui beberapa klik saja. Sangat mudah bukan?

7. Bisa digunakan untuk memperbaiki sistem manajemen karyawan

Dikarenakan menggunakan aplikasi slip gaji online ini bisa digunakan untuk mengatur tugas-tugas yang ada yang sangat membuang waktu anda dalam hal penggajian, dengan berganti menggunakan sistem ini bisa memberikan banyak waktu untuk fokus pada hal lainnya.

Waktu yang gunakan dan juga habis untuk mengerjakan hal penggajian, bisa Anda gunakan untuk tugas lain yang lebih produktif dan juga menghasilkan. Aplikasi ini juga membantu perusahaan Anda  menghapus total suatu posisi karyawan dan lebih bisa menghemat pengeluaran perusahaan Anda.

8. Meminimalisir kesalahan anda

Penggunaan slip gaji cara manual perlu memasukkan informasi yang ada dan hal ini sangat rentan untuk kesalahan.

Ini berimbas pada munculnya ketidakpuasan karyawan Anda, kehilangan uang perusahaan Anda dikarenakan perhitungan yang salah, dan juga adanya masalah bagi kepatuhan regulasi pada perusahaan Anda. Dan juga jika anda menggunakan slip gaji manual, Anda akan merasa kesulitan dalam hal sistem penggajian dengan cara ekspor data ketika bekerja dan juga absensi.

Hal ini bisa dipermudah dengan cara menggunakan aplikasi slip gaji karena juga akan membantu anda dalam hal mengatur data waktu kerja serta absensi, menghitung kasbon, serta membuat slip gaji dengan sangat mudah. Hanya dengan beberapa klik saja sudah bisa anda buat otomatis dan juga terhindar dari kesalahan yang diakibatkan kalau mengatur slip gaji secara manual.

9. Transparansi dalam hal penggajian pada karyawan.

Kalau anda menggunakan aplikasi slip gaji ini, Anda juga dengan otomatis bisa mengijinkan karyawan dan juga manajer anda guna mengakses data gaji yang ada dengan gawai dan bisa mengatur informasi login pribadi masing-masing karyawan.

Dengan transparansi akses ini, anda juga bisa meningkatkan tingkat kepuasan bagi karyawan Anda serta bisa menghemat waktu HRD. Hal ini juga berlaku untuk manager. Kalau anda menggunakan aplikasi slip gaji ini, otomatis anda juga bisa menyediakan cara untuk manager guna mengakses gaji via handphone maupun tablet yang akan mempermudah manager untuk menganalisa informasi dan juga bisa menciptakan checkpoint untuk mencegah kesalahan dibandingkan dengan menggunakan slip gaji manual.

10. Bisa mempermudah mengelola karyawan

Kalau perusahaan Anda kerap menggunakan peraturan yang seringkali berubah, bukan tidak mungkin karyawan juga terkena imbasnya. Ini juga terjadi jikalau peraturan dalam perundang-undangan seringkali berubah, perusahaan anda juga bisa terkena dampak dari hal tersebut.

Aplikasi ini membantu menghindari kesalahan-kesalahan yang tidak sengaja disebabkan oleh keterlambatan dalam hal seringnya perubahan masalah internal tersebut.

Dan dengan menggunakan aplikasi slip gaji Talenta by Mekari ini, bisa dipastikan Anda akan lebih mudah mengatur gaji bagi karyawan dalam perusahaan. Anda juga diharapkan untuk mencari solusi secara online yang sesuai dengan peraturan dalam Dinas Ketenagakerjaan dan Perpajakan di Indonesia.