Inilah Gaji Kerja di BUMN dan Perusahaan yang Memberikan Bayaran Tertinggi
Ilustrasi kaya (Freepik/Fxquadro)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bisa bekerja di BUMN menjadi salah satu pencapaian karir yang diinginkan oleh banyak anak muda di Indonesia. Banyak orang tua di Indonesia pun berharap berharap dapat bekerja di perusahaan berplat merah. Berbondong-bondong melamar kerja karena gaji kerja di BUMN sangat menjanjikan.  

Pada program rekrutmen BUMN 2022, antusias sangat tinggi. Beberapa perusahaan bahkan sampai menutup pendaftarannya sebelum pendaftaran ditutup, karena kuota sudah terpenuhi. Selain mengejar gajinya, alasan dari pelamar kerja karena kelebihan yang didapat dari kerja di BUMN. 

Lantas berapa sih rincian gaji kerja di BUMN yang didapat oleh karyawannya? Lalu apa kelebihan kerja di BUMN yang membuat orang berambisi mengejarnya?

Gaji Kerja di BUMN Perusahaan Bayaran Tertinggi

Sebelum melamar kerja di BUMN, calon pelamar pasti melakukan riset terlebih dahulu mengenai gaji kerja di BUMN. Salah satu info yang paling dicari tahu adalah perusahaan BUMN dengan gaji tertinggi.

Biasanya, ketika membicarakan perusahaan BUMN gaji tertinggi pasti di pikiran kita yang terlintas di benak Pertamina. Selain Pertamina, masih ada beberapa perusahaan BUMN dengan gaji tertinggi.

PT Telkom Indonesia 

PT Telkom adalah BUMN yang bergerak di bidang telekomunikasi. Telkom salah satu BUMN yang memberikan gaji tinggi kepada karyawannya. Oleh karena itu banyak pelamar kerja yang mendaftar ke perusahaan ini.

Berikut rincian gaji bekerja di Telkom, dilansir dari situs-situs pencari kerja,:

Gaji staf mencapai Rp 8 juta hingga Rp 10 juta. Karyawan yang direkrut melalui program Management Trainee (MT) menerima kisaran Rp 7 juta sampai Rp 8 juta. 

Pekerja dengan level yang lebih tinggi seperti di level Senior Manager memiliki gaji Rp 39-42 juta per bulan. Posisi Manajer Investasi Strategis menerima Rp 58-62 juta. Untuk Product Manager, menerima gaji berkisar Rp 88 juta hingga Rp 94 juta.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) 

Perusahaan plat merah yang satu ini bergerak di bidang transportasi kereta api. PT KAI juga menjadi BUMN yang banyak diincar oleh pencari kerja. Gaji cukup yang diterima oleh PT KAI disebut tinggi.

Berikut rincian gaji bekerja di Telkom, dilansir dari situs-situs pencari kerja,:

Gaji staf menerima kisaran dari Rp 3 juta sampai Rp 5 juta per bulan. Di luar gaji, staf juga menerima banyak tunjangan, seperti tunjangan, tunjangan transportasi, tunjangan rumah, tunjangan anak istri, dan lain-lain. 

Sementara itu posisi masinis mendapat gaji mencapai Rp 13 juta perbulan. Di level manajemen, PT KAI memberikan gaji mulai dari Rp 17,9 juta. Untuk level lebih tinggi, Senior Manager dan General Manager mencapai Rp 28,4 juta dan Rp 28,5 juta. Gaji tertinggi didapatkan oleh jabatan Executive Vice President yang mencapai Rp 42,5 juta.

Bank Mandiri

Bank Mandiri merupakann perusahaan BUMN yang bergerak di bidang keuangan. Perusahaan yang satu ini juga dikenal memberikan gaji tinggi kepada karyawannya. dalam rekrutmen terakhir, Bank Mandiri menjadi salah satu favorit bahkan untuk BUMN. 

Berikut rincian gaji bekerja di Telkom, dilansir dari situs-situs pencari kerja,:

Gaji bagi karyawan yang direkrut melalui jalur Management Trainee (MT) mencapai Rp 5,3 juta hingga Rp 6 juta per bulan. Level staf menerima gaji Rp 10 juta per bulan. Auditor Internal mendapat gaji mencapai Rp 11 juta. 

Untuk level lebih tinggi, manager menerima gaji Rp 27-30 juta per bulan. Manajer cabang area Llevel memperoleh gaji sebesar Rp 68-74 juta. Gaji tertinggi diterima oleh level pencapaian Rp 271 jutaan per bulan.

PT Pertamina 

Perusahaan BUMN yang bergerak di bidang perminyakan ini selalu menjadi perusahaan yang paling diminati oleh pencari kerja. Setiap rekrutmen kuota Pertamina selalu penuh sebelum pendaftaran ditutup. 

Berikut rincian gaji bekerja di Telkom, dilansir dari situs-situs pencari kerja,:

Gaji untuk posisi staf kisaran Rp 4-7 juta per bulan. Administrasi mencapai Rp 19-21,07 juta. Engineer mendapatkan Rp 19-21 juta. Reservoir Engineer sebesar Rp 21-32 juta. Site Engineer sebsar Rp 30-33 juta. 

Untuk level lebih tinggi, Manager IT Solution mendapat gaji Rp 57-62 juta. Chief Supply Chain sebesar Rp 63-68 juta. General Manager sebsar Rp 75 juta. Pengawas Pengeboran sebesar Rp 55 juta. Manajer Pengadaan sebesar Rp 42,5 juta.

Selain gaji tinggi, karyawan Pertamina juga menerima banyak tunjangan lainnya, seperti dana pensiun, kendaraan dinas, rumah dinas, tunjangan kesehatan, tunjangan makan, hingga bonus.

Itu tadi rincian gaji kerja di BUMN beserta perusahaan BUMN yang memberikan gaji tertinggi kepada karyawannya. Bagi anda pencari kerja, pasti sudah menentukan mana BUMN yang akan dilamar. Jangan lupa siapkan segala persyarakatan dan berkasnya secara lengkap. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kami menghadirkan berita terupdate nasional dan internasional untuk anda.