3 Tips Perkenalan Diri saat Interview Kerja Agar Berkesan di Mata Rekruter

YOGYAKARTA – Perkenalan diri saat interview menjadi hal yang sangat penting dalam proses rekrutmen karyawan. Pada tahap ini, rekruter akan mencari tahu seputar kandidat.

Informasi ini kemudian digunakan untuk memutuskan apakah kandidat cocok untuk mengisi posisi yang dilamar.

Oleh sebab itu, kandidat perlu memperkenalkan diri dengan baik agar bisa memberikan kesan positif di mata pewawancara dan bisa meningkatkan peluang diterima kerja.

Lantas, bagaimana cara perkenalan diri saat interview kerja? Simak informasi selengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Tips Perkenalan Diri Saat Interview

Menyadur laman Indeed, ada beberapa tips yang bisa diterapkan kandidat atau pelamar kerja ketika bertemu dengan rekruter untuk interview.

  1. Sapa rekruter dengan sopan

Ketika bertemu dengan rekruter, cobalah untuk tersenyum sambil berjabat tangan saat perkenalan untuk menunjukkan ekspresi positif dan antusias. Berikutnya, berikan ucapan salam dan sapaan yang sopan seperti “Selamat pagi, Bapak/Ibu [ sebut nama rekruter atau pewawancara].”

Jika interview kerja dilakukan secara online, pastikan untuk masuk ke ruang interview virtual beberapa menit sebelum waktu yang ditentukan.

  1. Lakukan perkenalan diri secara singkat, padat, dan jelas

Setelah saling menyapa, pewawancara biasanya akan meminta pelamar kerja untuk memperkenalkan dirinya serta menceritakan pengalaman kerja.

Perkenalan diri saat interview kerja harus dilakukan dengan singkat, padat, jelas, dan tidak malu-malu. Awali perkenalan diri Anda dengan sapaan seperti berikut.

Terima kasih sebelumnya Bapak/Ibu [sebutkan namanya supaya mereka merasa diingat] sudah mengundang saya dan kita bisa bertemu di sesi interview yang sangat saya tunggu-tunggu ini.

Berikutnya, mulailah memperkenalkan diri dan bagikan pengalaman kerja Anda kepada rekruter. Akan lebih baik jika Anda membagikan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Adapun contohnya sebagai berikut.

Selamat pagi, perkenalkan nama saya [sebutkan nama Anda], lulusan program profesi apoteker [sebutkan perguruan tinggi Anda]. saya seorang fresh graduate yang memiliki ketertarikan di bidang pengembangan obat herbal.”

Agar saya bisa bersaing dan mendapatkan kesempatan bekerja di industri ini, saya menjalani bootcamp dan rutin mengikuti workshop maupun diskusi dengan para profesional di bidang riset obat herbal.

Pengalaman yang saya dapatkan membuat saya mempunyai kemampuan dan pengetahuan yang penting untuk bisa sukses di peran ini, serta dapat bergabung di perusahaan ini.  

Selama memperkenalkan diri, dua hal penting yang harus Anda lakukan adalah melakukan kontak mata dan menyebutkan nama Anda. Kontak mata penting saat memperkenalkan diri karena menunjukkan bahwa Anda memiliki kepercayaan diri.

Selain itu, pastikan Anda tetap tenang dan tidak terburu-buru saat menjelaskan, agar tidak lupa dengan poin-poin yang akan disampaikan.

  1. Tutup perkenalan diri dengan sopan

Usai memperkenalkan diri, pewawancara biasanya akan memberikan pertanyaan lanjutan. Di sesi interview dengan HR, pertanyaan yang diajukan biasanya berkaitan tentang kepribadian, pertanyaan umum, dan kecocokan diri Anda dengan perusahaan.

Sedangkan di sesi interview user, pertanyaan akan lebih spesifik untuk menggali kemampuan teknis dan pengalaman, serta tugas dan tanggung jawab posisi yang dilamar.

Pada tahap ini, Anda harus menjawab pertanyaan dengan baik dan lancar serta tetap bersikap santun, sigap, dan menunjukkan minat besar terhadap perusahaan.

Jika semua sesi interview kerja sudah berakhir, tutup perkenalan diri Anda dengan sopan agar meninggalkan kesan baik pada pewawancara.

Adapun contohnya sebagai berikut.

Demikian perkenalan mengenai diri saya. Saya berharap latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja saya sebelumnya bisa memberikan dampak positif untuk perusahaan Bapak/Ibu ke depannya. Tentunya saya bersemangat untuk menjadi bagian dari perusahaan ini dan siap bekerja keras memberikan yang terbaik. Terima kasih.

Demikian informasi tentang cara perkenalan diri saat interview. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.