Tips Menaklukkan Wawancara Pekerjaan Secara Virtual
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Pandemi COVID-19 yang tengah berlangsung membuat sebagian masyarakat harus berusaha lebih keras dalam mencari pekerjaan baru. Masih banyak lowongan kerja yang terbuka dengan mengadakan wawancara secara virtual.

Bagi Anda yang terbiasa berinteraksi secara virtual, hal ini memang terlihat biasa saja. Namun untuk mereka yang pertama kali akan melakukan wawancara secara daring, hal ini ternyata cukup bikin khawatir.

VOI akan memberikan beberapa tips agar kalian bisa melakukan sesi wawancara pekerjaan secara virtual dengan baik. Simak di sini ya!

Tampilan Dalam Wawancara

Ingatlah bahwa wawancara ini akan menentukan apakah Anda diterima atau tidak. Maka dari itu, kenakan pakaian yang sopan dan terlihat rapi sehingga membuat Anda semakin profesional. Tidak perlu berdandan secara berlebihan, yang penting wajah Anda terlihat fresh.

Selalu tempatkan posisi laptop dalam kondisi baterai penuh serta fit dengan penampilan Anda. Jangan sampai laptop terlalu memperbesar bagian muka saja. Tempatkan laptop sejajar dengan tubuh Anda.

Jangan lupa pastikan kondisi penerangan di sekitar Anda bisa dilihat dengan jelas. Anda bisa membuka jendela atau menyalakan lampu agar wajah Anda bisa terlihat.

Untuk background atau latar belakang, pilih yang tidak terlalu mendistraksi rekruter. Namun bukan berarti Anda bisa menganti background dengan gambar yang jenaka, itu bisa dinilai tidak sopan.

Jika Anda tidak memiliki background yang baik, Anda bisa menggantinya dengan latar belakang polos.

Pertanyaan Wawancara

Saat melakukan wawancara, pertanyaan yang diajukan tidak jauh berbeda dengan wawancara tatap muka. Yang berbeda di sini adalah Anda tidak memiliki waktu banyak untuk memikirkan jawaban. Jadi pastikan Anda sudah mempersiapkan segala jawaban.

Ketika memperkenalkan diri, Anda tidak perlu membaca ulang apa yang Anda tulis dalam resume. Anda bisa menceritakan passion Anda terhadap industri yang Anda jalani sehingga hal itu bisa menjawab mengapa Anda ingin pekerjaan tersebut.

Cari tahu perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan. Ketika pertanyaan mengenai perusahaan diutarakan, Anda bisa menjawab dengan lancar. Tidak lupa untuk menyebut beberapa prestasi dan hal berkesan yang perusahaan itu miliki.

Tidak sedikit yang mencari pekerjaan karena pandemi. Gunakan kesempatan ini untuk menunjukkan kualitas Anda. Ceritakan hal baru apa yang sedang anda lakukan di tengah pandemi, seperti mempelajari bahasa baru atau mempelajari hobi baru.

Koneksi yang Digunakan

Hal ini sering luput dari perhatian. Ketika hendak melakukan wawancara, pastikan koneksi internet Anda lancar. Anda bisa melakukan tes koneksi dengan menghubungi kerabat atau keluarga untuk mencoba menghubungi Anda.

Jika koneksi terganggu saat mulai wawancara, buat rencana cadangan dengan menghubungi rekruter melalui telepon. Ini membuktikan Anda sigap dengan wawancara yang dilakukan.

Ketika mengakhiri wawancara, ucapkan terima kasih kepada rekruter atas kesempatan wawancara yang Anda jalani. Jika Anda memiliki beberapa pertanyaan, Anda bisa mengutarakannya secara langsung.

Mungkin semua orang melakukan hal seperti ini, tapi jika Anda hanya satu-satunya, Anda bisa terlihat tidak responsif.