NASA Bentuk Tim Khusus untuk Meninjau Studi Misi Pengembalian Sampel Mars

JAKARTA – NASA membentuk tim baru untuk meninjau seluruh strategi yang berkaitan dengan program Pengembalian Sampel Mars (MSR). Tim ini akan menilai belasan studi dari komunitas NASA dan industri terpilih.

Administrator NASA Bill Nelson mengatakan bahwa program MSR tidak mudah untuk dilakukan sehingga mereka membutuhkan pendapat dan ide yang tepat. Namun, rencananya tetap sederhana, yaitu meluncurkan roket dari Mars untuk membawa sampel ke Bumi.

"Sangat penting bahwa Pengembalian Sampel Mars dilakukan dengan cara yang hemat biaya dan efisien, dan kami berharap dapat mempelajari rekomendasi dari tim peninjau strategi untuk mencapai tujuan kami demi kepentingan umat manusia," kata Nelson.

Tim Peninjau Strategi MSR dibentuk melalui kontrak Cornell Technical Services. Tim ini akan dipimpin oleh mantan Administrator NASA, Jim Bridenstine, dan terdiri dari tujuh anggota, dua merupakan pekerja di NASA dan lima merupakan ilmuwan dari berbagai universitas. 

Setelah menilai belasan studi, tim ini akan merekomendasikan arsitektur utama untuk program MSR. Tim Peninjau Strategi MSR akan membuat perkiraan biaya dan jadwal peluncuran yang disesuaikan dengan penurunan biaya, risiko, serta kompleksitas pada misi. 

Selama menjalankan tugasnya, tim Peninjau Strategi MSR akan bekerja sama dengan tim analisis NASA yang terdiri dari pegawai pemerintah dan konsultan ahli. Tim ini akan memberikan masukan seputar program yang direkomendasikan para peninjau strategi.

Tim Analisis NASA memiliki jumlah anggota yang lebih banyak. Tim ini dipimpin oleh Kepala Petugas Manajemen Program NASA, David Mitchell, dan anggotanya terdiri dari insinyur, pekerja di bagian analisis kontrol, penasihat teknik, dan masih banyak lagi.