Bagikan:

JAKARTA – Apple Music meluncurkan alat baru untuk mengubah daftar set konser menjadi daftar putar. Dengan menghadirkan alat ini, seluruh artis bisa mengingatkan kembali suasana konser kepada penggemarnya.

Melalui situs web Apple Music untuk Artis, platform buatan Apple itu menjelaskan bahwa daftar set yang diubah menjadi daftar putar hanya bisa dilakukan di web. Nantinya, daftar putar berupa Set List ini bisa dibagikan kepada seluruh penggemarnya. 

"Bagikan daftar putar Set List Anda dengan penggemar di Apple Music dan media sosial untuk mempromosikan jadwal tur mendatang, biarkan penggemar menghidupkan kembali konser Anda, dan terhubung dengan pendengar," kata Apple.

Untuk mengubah daftar set menjadi daftar putar, para artis hanya perlu membuka Konten Artis, lalu buka Daftar Putar Artis untuk melihat semua daftar set yang sudah tayang. Setelah itu, klik tombol tambah di samping Daftar Putar Artis untuk membuat set baru. 

Berikutnya, pilih jenis pertunjukan yang dibuat seperti konser atau tur dunia, tambahkan nama acara, pilih jadwal acaranya akun Bandsintown di halaman Artis telah terhubung dengan Shazam, lalu tetapkan tanggal publikasi dan sesuaikan daftar putarnya dengan trek lagu untuk acara.

"Daftar putar Daftar Set harus menyertakan trek lagu yang Anda bawakan di pertunjukan atau tur. Jika daftar set Anda sedikit berubah pada malam yang berbeda dalam tur Anda, gunakan daftar trek yang paling akurat menggambarkan keseluruhan tur," jelas Apple.

Seluruh artis bisa mempublikasikan daftar set lagu pertunjukan sebanyak acara yang mereka buat. Di halaman Artis, daftar putar ini akan ditampilkan berdasarkan urutan popularitas. Jika tertaut dengan Shazam, daftar putar ini juga dipublikasikan ke aplikasi tersebut secara otomatis.