Prada dan Axiom Space Bersiap untuk Misi ke Bulan dengan Desain Baru Baju Antariksa

JAKARTA – Prada, merek mewah asal Italia, bersama startup Axiom Space yang berbasis di Houston, mengungkapkan desain baju antariksa yang akan digunakan dalam misi NASA Artemis 3 pada tahun 2026. Misi ini direncanakan sebagai pendaratan astronot pertama di bulan sejak misi Apollo 17 pada tahun 1972.

Desain baru ini, yang dikenal sebagai Axiom Extravehicular Mobility Unit (AxEMU), ditampilkan pada International Astronautical Congress di Milan. Baju antariksa ini memiliki tampilan luar yang tetap serupa dengan desain baju astronot sebelumnya, yakni berwarna putih tebal, tetapi dengan tambahan aksen merah serta tambalan abu-abu pada lutut dan siku.

Baju antariksa ini dirancang khusus untuk menangani kondisi ekstrem di kutub selatan bulan, termasuk suhu sangat dingin di daerah yang terus-menerus berada dalam bayangan. Prada dan Axiom Space mengatakan bahwa baju tersebut dapat melindungi astronot selama dua jam di kondisi terdingin dan memungkinkan mereka untuk melakukan spacewalk selama setidaknya delapan jam.

AxEMU telah menjalani serangkaian pengujian, termasuk di bawah air untuk meniru lingkungan di bulan. Baju ini mendekati tahap pengembangan akhir, menurut pernyataan bersama dari kedua perusahaan.

Lorenzo Bertelli, Chief Marketing Officer Prada, menyatakan kebanggaannya terhadap hasil kolaborasi tersebut, yang dianggap sebagai langkah awal dari kerja sama jangka panjang dengan Axiom Space. Matt Ondler, Presiden Axiom Space, juga menyebut bahwa desain ini merupakan hasil kolaborasi tim dari berbagai latar belakang yang beragam, menciptakan inovasi dalam proyek ini.

Dalam industri eksplorasi luar angkasa dan pariwisata yang sedang berkembang, semakin banyak merek mewah yang menjajaki kemitraan serupa. Bulan lalu, rumah mode Prancis Pierre Cardin mengungkapkan pakaian pelatihan astronot, dan hotel Hilton bekerja sama dengan Voyager Space untuk mendukung desain dan pengembangan suite kru di stasiun luar angkasa komersial yang direncanakan, Starlab.