Intel, AMD, dan Sejumlah Perusahaan Teknologi Bergabung dalam Kelompok Penasihat Ekosistem x86

JAKARTA – Intel dan AMD mendirikan kelompok penasihat ekosistem x86 untuk membangun masa depan arsitektur komputasi yang lebih baik. Kelompok ini resmi diumumkan ke publik pada 15 Oktober di Washington.

Ada beberapa perusahaan teknologi besar yang bergabung sebagai anggota pendiri di kelompok tersebut, di antaranya Broadcom, Dell, Google, Hewlett Packard Enterprise, HP Inc., Lenovo, Meta, Microsoft, Oracle, dan Red Hat.

Dengan bergabungnya seluruh perusahaan besar tersebut, kelompok penasihat ini akan mencari cara baru dalam memperluas ekosistem x86, seperti menyederhanakan pengembangan perangkat lunak atau menyediakan platform bagi para pengembang.

Lisa Su, Ketua dan CEO AMD, mengatakan bahwa kelompok ini akan memastikan perkembangan dari arsitektur x86. Meski sudah digunakan sebagai landasan komputasi selama lebih dari empat dekade, x86 dipastikan akan terus menjadi pilihan pengembang dan pelanggan. 

“Kami gembira dapat menyatukan industri untuk memberikan arahan tentang peningkatan arsitektur di masa mendatang dan memperluas keberhasilan luar biasa x86 selama beberapa dekade mendatang," kata Lisa Su, dikutip dari situs resminya.

Kelompok ini menargetkan tiga hasil dalam beberapa waktu ke depan. Penasihat ekosistem x86 ingin meningkatkan pilihan dan kompatibilitas di seluruh perangkat keras dan perangkat lunak serta mempercepat ke hadir fitur-fitur baru yang mutakhir.

Intel, AMD, serta anggota pendiri lainnya juga ingin menyederhanakan pedoman arsitektur. Pedoman ini akan digunakan untuk meningkatkan konsistensi perangkat lunak dan menstandardisasi antarmuka di seluruh penawaran produk x86 dari Intel dan AMD.

Terakhir, kelompok penasihat ekosistem x86 ingin mengintegrasikan kemampuan baru yang lebih besar dan lebih efisien ke dalam sistem operasi, kerangka kerja, dan aplikasi.