Rudal Rusia Hantam Bangunan di Odesa Ukraina, 4 Orang Tewas

JAKARTA - Rudal Rusia menghantam bangunan komersial di wilayah Odesa selatan Ukraina semalam, menewaskan empat orang termasuk seorang gadis berusia 16 tahun.

Ini adalah serangan keempat Rusia terhadap pelabuhan Laut Hitam Odessa dan wilayah sekitarnya dalam lima hari terakhir. , Gubernur regional Kiper pada Jumat, 11 Oktober, mengatakan hari berkabung diumumkan di wilayah tersebut untuk mengenang orang-orang yang tewas dalam serangan pesawat tak berawak Rusia pada 9 Oktober.

“Dalam dua hari teroris Rusia membunuh 13 warga sipil di wilayah Odesa dan sebagian besar dari mereka adalah pemuda,” kata Kiper dilansir Reuters.

Kemampuan mempertahankan ekspor melalui pelabuhan Laut Hitam sangat penting bagi perekonomian Ukraina yang terpukul parah akibat perang Rusia di Ukraina.

Kantor Kejaksaan Agung mengatakan pasukan Rusia menyerang infrastruktur sipil dengan rudal balistik Iskander sekitar pukul 22.35 pada Kamis malam.

Bangunan komersial dua lantai yang menampung fasilitas produksi makanan tempat warga sipil bekerja terkena serangan dan 10 orang lainnya terluka, kata para pejabat.

Jaksa Agung Andriy Kostin mengatakan serangan Rusia menargetkan infrastruktur sipil dan berupaya menciptakan kondisi kehidupan yang tidak memungkinkan bagi jutaan warga Ukraina.

Angkatan udara Ukraina mengatakan menembak jatuh 29 dari 66 drone Rusia yang diluncurkan ke Ukraina semalam.

Moskow juga menembakkan dua rudal dan 31 drone hilang jejak.