Bagikan:

JAKARTA - Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan AS akan terlibat secara intens untuk mencegah konflik yang lebih luas di Timur Tengah karena meningkatnya kekhawatiran perang Israel dengan proksi Iran dapat meningkat menjadi perang regional skala penuh.

“Kami bekerja sangat keras, melalui pencegahan dan diplomasi untuk mencegah hal itu terjadi,” kata Blinken kepada wartawan pada pertemuan para pemimpin Asia di Laos pada Jumat, 11 Oktober dilansir CNN.

Blinken juga mengatakan dirinya prihatin atas kurangnya bantuan ntuk masyarakat di Gaza. Dia berjanji AS akan berkomunikasi dengan Israel mengenai pentingnya mengatasi kebutuhan kemanusiaan di Palestina.

Sementara soal Lebanon, Blinken menekankan perlunya solusi diplomatik di Lebanon, di tengah serangan darat Israel di selatan negara itu dan peningkatan serangan udara saat memerangi Hizbullah.

Blinken juga menyatakan dukungannya terhadap negara Lebanon yang lebih kuat untuk bangkit dari konflik.

“Jelas bahwa rakyat Lebanon mempunyai kepentingan yang kuat terhadap negara yang menegaskan dirinya sendiri dan mengambil tanggung jawab atas negara dan masa depannya,” katanya.