NASA Akan Soroti Keberlanjutan Antariksa dan Misi Artemis di IAC 2024

JAKARTA – NASA akan menjadi salah satu lembaga antariksa yang akan hadir di Kongres Astronautika Internasional (IAC). Acara ini akan diadakan di Milan, Italia mulai Senin, 14 Oktober hingga Jumat, 17 Oktober. 

Sejumlah delegasi dari NASA akan dipimpin langsung oleh Administrator NASA Bill Nelson dan Wakil Administrator NASA Pam Melroy. Keduanya akan membahas tentang Strategi Mikrogravitasi Orbit Rendah Bumi (LEO) selama kongres berlangsung.

Dengan membawa topik tersebut, NASA ingin menunjukkan komitmen dan upaya mereka dalam memajukan sains, teknologi, dan eksplorasi mikrogravitasi. Delegasi NASA juga akan membahas komitmen mereka dalam mendukung keberlanjutan ruang angkasa.

Pembicaraan mengenai dua topik tersebut akan disiarkan secara online melalui saluran YouTube NASA di dua hari yang berbeda. NASA juga akan membahas tentang pendekatan eksplorasi Bulan ke Mars dan Perjanjian Artemis.

Pada Senin, 14 Oktober pukul 18.45 WIB, seluruh kepala Badan akan melakukan tatap muka, termasuk Nelson. Pada pukul 23.15 WIB, Sidang Pleno Tuan Rumah tentang Eksplorasi Luar Angkasa yang Bertanggung Jawab dan Berkelanjutan untuk Bulan ke Mars akan digelar.

Sementara itu, pada 16 Oktober pukul 20.00 WIB, topik mengenai Era Baru dalam Kehadiran Manusia akan dibahas. Di pembicaraan ini, Melroy akan tampil. Selain hadir di dua sesi pembicaraan tersebut, NASA juga akan menghadiri agenda utama IAC 2024.

Lembaga antariksa AS itu akan hadir pada 14 hingga 16 Oktober dengan topik pembahasan yang berbeda. Untuk menarik lebih banyak negara dalam mendukung misi Artemis, Nelson akan membahas kemitraan internasional terkait misi tersebut pada 15 Oktober.