Billy Joe Saunders Siap Bantu Tyson Fury untuk Kalahkan Oleksandr Usyk

JAKARTA - Billy Joe Saunders, petinju profesional asal Inggris, secara sensasional mengklaim bahwa Tyson Fury tidak memiliki kamp terbaik untuk pertarungan pertamanya dengan Oleksandr Usyk.

Buntutnya, Fury gagal dalam upayanya untuk meraih kejayaan juara dunia kelas berat tak terbantahkan melawan petinju Ukraina itu pada Mei 2024. Dia menderita kekalahan keputusan terpisah dalam pertarungan di Arab Saudi.

Padahal, petinju 36 tahun itu berada dalam kondisi fisik puncak kala itu. Namun, Fury tidak berbuat banyak kepada Usyk yang hampir menjatuhkannya di ronde kesembilan.

Tak heran, Saunders yang merupakan sahabat lama Fury kini bersedia membantu di kamp pelatihan.

Dia ingin memastikan pelatihan berjalan baik agar bisa mengalahkan Usyk di laga ulangan tersebut.

"Saya tidak mencari-cari alasan untuknya (Fury). Namun, saya tahu apa yang terjadi di kamp dan apa yang tidak terjadi di kamp (pertama kali)."

"Saya tahu bahwa bahkan dalam hal sparring dan hal-hal kecil lainnya, ada beberapa hal yang kurang dan perlu diperbaiki atau dibenahi kali ini."

"Dia (Fury) meminta saya untuk pergi ke kamp pelatihan bersamanya. Jadi, saya senang mengatakan bahwa saya akan pergi bersamanya," ujar Saunders di talkSPORT.

Fury dan Usyk melakoni duel ulang pada 21 Desember 2024 meskipun tidak memperebutkan gelar juara dunia kelas berat tak terbantahkan.

Saunders tidak ragu bahwa Fury dapat membalas kekalahan profesional pertamanya jika dia membuat beberapa perubahan pada rencana permainannya dan pelatihan.

"Tyson Fury, dia dapat mengalahkan Usyk tiga kali dalam satu malam dengan satu rencana permainan yang sederhana."

"Pendapat jujur ​​saya adalah saya tidak berpikir ada orang di luar sana yang dapat mengalahkan Usyk."

"Tyson harus menyingkirkan pikiran bahwa Anda tidak akan menyerang pria ini atau menunggu."

"Sangat, sangat mudah untuk mengalahkannya. Anda harus menggunakan ukuran tubuh Anda. Anda harus menggunakan kelebihan fisik Anda."

"Anda harus menggunakan setiap atribut untuk memberikan efek maksimal pada pria ini. Saya yakin Tyson akan memenangi pertarungan berikutnya. Saya yakin dia akan menang dengan KO juga," ujar Saunders.

Fury pun sudah bertekad untuk membalas dendam kepada Usyk. Dalam unggahan di Instagram pribadinya, dia memperlihatkan latihan keras untuk persiapan duel tersebut.

"Hai teman-teman, Tyson Fury di sini. Kembali ke sasana, seperti yang Anda lihat. Saya menghitung hari sampai saya bisa menebus kesalahan saya pada Usyk."

"Tanggal 21 Desember 2024 akan menjadi waktu saya. Saya telah melakukan segalanya dalam tinju, tetapi saya tidak akan bangkit dari kekalahan."

"Saya menikmatinya, kesempatan untuk menebus kesalahan saya. Bangun! Tanggal 21 Desember 2024 adalah milik saya sepenuhnya, petinju kelas berat yang tak terbantahkan, inilah saya," tutur Fury pada Juni 2024.