Dilarang Masuk Menara Kadin, Arsjad Rasjid Cuek Saja dan Tetap Bekerja

JAKARTA - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Arsjad Rasjid menyampaikan meski tidak bisa mengakses kantor Menara Kadin di Kuningan akibat dihalangi oleh beberapa oknum, pihaknya akan tetap bekerja.

“Hari Selasa kan sudah mulai kerja. Insyaallah akan ada tempat lain,” ujar Arsjad kepada wartawan di Hotel JS Luwansa, Minggu, 15 September.

Arsjad menegaskan pentingnya memiliki kemampuan dalam beradaptasi saat menghadapi situasi tak terduga alias agile seperti saat ini.

Agility is key, pengusaha harus agile,” ujarnya.

Untuk diketahui, konferensi pers akan digelar di Menara Kadin, Jakarta Selatan untuk menyikapi Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Kadin 2024 yang mengangkat Anindya Bakrie sebagai Ketua Umum yang diselenggarakan di St Regis, pada Sabtu, 14 September 2024.

Namun, pengurus Kadin Indonesia periode 2021 hingga 2026 dihalangi oleh pihak tertentu sehingga tidak bisa melakukan konferensi pers hingga akhirnya terpaksa dipindahkan ke Hotel JS Luwansa.

Arsjad menyayangkan sikap beberapa oknum yang tidak memperbolehkan pihaknya saat hendak melakukan konferensi pers di Menara Kadin.

"Sebelumnya kami berencana mengadakan Konpers di lantai 3 Gedung Kadin. Sayang sekali pengurus sah Kadin 2021- 2016. Kami dihalangi untuk masuk oleh oknum-oknum tidak berkepentingan dengan agenda keberlanjutan Kadin Indonesia. Saya yakin bahwa teman-teman menunggu pernyataan sikap dari kami atas dinamika terjadi," ujar Arsjad. 

Meski demikian, Arsjad menegaskan tidak ada unsur politis di balik gejolak yang berada didalam Kadin Indonesia. Lantaran, dinamika yang terjadi saat ini hanya melibatkan segelintir individu, dan bukan seluruh Kadin.

“Tidak ada (unsur politis). Hanya ada segelintir perorangan (yang berniat merusak Kadin Indonesia). Kadin Indonesia tetap solid. Sesuai dengan Keppres yang ada, Kadin hanya satu, dan kami tetap jalan terus,” ujarnya.

Arsjad menambahkan bahwa komunikasi dengan perwakilan Kadin Provinsi untuk terus berjalan dan tetap solid ditengah dinamika saat ini.

"Kami sudah sampaikan ke teman-teman di Kadin daerah bahwa kita harus solid dan menghadapi dinamika ini sebagai tantangan. Kita harus fokus dengan apa yang kita kerjakan," pungkasnya.