Apple Masih Produksi Aksesoris Berbahan Finewoven

JAKARTA - Meski produksi casing dan tali smart watch dengan bahan Finewoven sudah dihentikan, Apple masih menggunakan bahan tersebut. Bahan ini dipakai sebagai salah satu aksesoris untuk seri iPhone 16.

Di situs resmi Apple Store, terlihat bahwa perusahaan itu masih menjual bahan Finewoven. Bukan sebagai casing iPhone atau tali smart watch, tetapi sebagai Magsafe Wallet, dompet yang dirancang dengan Magsafe dan bisa langsung menempel di belakang iPhone.

Saat meluncurkan seri iPhone 16 di acara It's Glowtime pada 9 September, Apple memperkenalkan casing Magsafe terbaru. Namun, perusahaan itu hanya menyinggung bahan plastik dan silikon tanpa menyinggung atau bahkan menampilkan bahan Finewoven.

Dijual dengan nama Finewoven Wallet with Magsafe, casing ini tersedia dalam empat warna, yaitu Hitam, Blackberry, Hijau Tua, dan Biru Tua. Casing Magsafe ini dijual seharga 59 dolar AS (Rp911 ribu) di Apple Store.

Dengan ukurannya yang kecil dan hanya sebagai pelindung Magsafe, aksesoris berbahan Finewoven ini mungkin tidak akan menerima keluhan yang banyak seperti sebelumnya. Awalnya, bahan ini digunakan sebagai pengganti casing berbahan kulit di seri iPhone 15.

Bahan ini memiliki tujuan yang bagus, yaitu mencapai target bebas karbon. Namun, kualitasnya banyak mendapatkan kritik karena mudah tergores oleh kuku, gantungan kunci, atau benda lainnya. Saat tergores, casing akan lecet dan tidak bisa diperbaiki.

Setelah menerima banyak keluhan, Apple memutuskan untuk berhenti memproduksi casing dengan bahan Finewoven dan beralih ke bahan kulit lainnya. Perusahaan itu akan menggunakan bahan yang lebih tahan lama dibandingkan dengan Finewoven.