NASA Pindahkan Modul Layanan Orion dan Komponen Roket SLS ke Kennedy Space Center

JAKARTA – Badan Antariksa Eropa (ESA) berhasil memindahkan Modul Layanan buatan Eropa untuk misi Artemis 3. Modul ini tiba di Pelabuhan Canaveral, Florida setelah dipindahkan dari Bremen, Jerman.

Modul Layanan merupakan bagian penting dari wahana antariksa Orion. Kompartemen pesawat ini dirancang oleh Airbus dengan menyertakan komponen dari sepuluh negara yang berbeda. Kompartemen ini berisi propulsi, kontrol termal, tenaga listrik, air, hingga oksigen untuk awak pesawat.

NASA mengatakan bahwa Modul Layanan Eropa ini telah tiba di pelabuhan sejak Selasa, 3 September lalu. NASA sudah memindahkan bagian penting dari pesawat Orion ini ke Gedung Operasi dan Pemeriksaan Neil Armstrong di dalam Kennedy Space Center.

Amit Kshatriya, Deputi Administrator Sosial Program Bulan ke Mars NASA, mengatakan bahwa pemindahan kompartemen dari Jerman ke Florida merupakan bukti kemajuan yang sangat penting. Pengiriman modul ini akan menyukseskan misi Artemis.

"Kami akan pergi ke Bulan bersama dengan mitra industri dan internasional kami dan kami memproduksi, merakit, membangun, dan mengintegrasikan elemen untuk penerbangan Artemis," kata Amit, dilansir dari situs resmi NASA.

Selain memindahkan Modul Layanan Eropa, NASA juga telah mengangkut perangkat keras untuk roket Space Launch System (SLS), adaptor tahap peluncur Artemis II, ekor perahu dari tahap inti Artemis III, bagian mesin tahap inti Artemis IV, dan peralatan lainnya menggunakan Tongkang Pegasus.

Tongkang ini telah tiba di Launch Complex 39B Turn Basin yang ada di Kennedy Space Center pada Kamis, 5 September. Dalam beberapa waktu mendatang, kru akan menyusun dan menguji Modul Layanan untuk Orion, melengkapi modul kru Artemis III dan IV, dan menghubungkan Modul Layanan Eropa yang baru tiba ke adaptor modul kru.