Layanan e Materai Eror: Jangan Panik, Lakukan Metode Ini!!

YOGYAKARTA E-Materai menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024. Dokumen pendaftaran tidak akan dianggap lengkap tanpa adanya e-Materai ini, yang harus dibeli dan digunakan oleh para pelamar. Lantas apa yang harus dilakukan jika e-Materai eror? Simak sampai selesai, ya!

Namun, beberapa waktu belakangan, banyak warganet mengeluhkan masalah pada e-Materai yang mereka beli dari Peruri. Mereka menyebutkan bahwa e-Materai tersebut mengalami error, sehingga tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Berdasarkan pantauan media pada Rabu (4/9/2024), di media sosial X, sejumlah warganet melaporkan berbagai masalah terkait e-Materai, seperti gagal dalam proses pembubuhan, stok yang habis, serta kuota e-Materai yang tidak bertambah meski pembayaran sudah dilakukan.

Seorang netizen menulis, "Peringatan Darurat. E-Materai tidak lagi bisa diakses di seluruh Indonesia," sambil menyertakan tangkapan layar kesalahan pada situs e-Materai.

Netizen lain juga mengkritik dengan mengatakan, "Lihatlah akibat kebijakan kalian @BKNgoid @peruri_id, berapa banyak orang yang mungkin akan gagal administrasi karena masalah e-Materai ini. Ini juga bisa membuka peluang bagi calo untuk menimbun e-Materai. Sok-sokan wajib pakai e-Materai, tapi sistemnya belum siap. Sebenarnya niatnya rekrutmen atau jualan?"

Akun Instagram Peruri juga dipenuhi oleh komentar dari netizen yang mengeluhkan masalah akses e-Materai yang mengalami error.

Melalui akun Instagram resmi @peruri.digital, Peruri selaku penyedia resmi e-Materai menjelaskan bahwa error pada link pembelian e-Materai disebabkan oleh tingginya jumlah traffic di website mereka.

Peruri menyampaikan permohonan maaf melalui unggahan Story di Instagram, menyatakan, "Kami mohon maaf atas kendala yang Anda alami. Saat ini, website kami sedang mengalami peningkatan traffic, sehingga kami menerapkan sistem antrian untuk menjaga performa layanan dan melayani seluruh pengguna."

Mereka menambahkan, "Kami akan memberikan informasi lebih lanjut apabila traffic sudah kembali normal."

Lantas Bagaimana Kalau Layanan e Materai Eror?

Saat ini, Peruri menegaskan bahwa kuota e-Materai tidak akan hilang meskipun pendaftar mengalami kendala, seperti gagal dalam proses pembubuhan e-Materai atau ketika kuota tidak bertambah saat pembelian. Hal ini dilakukan untuk memastikan pengguna tetap dapat menggunakan e-Materai yang telah dibeli tanpa kehilangan kuota.

Peruri juga telah menyediakan solusi untuk mengatasi berbagai masalah yang mungkin muncul terkait penggunaan e-Materai. Salah satunya adalah memberikan panduan bagi pengguna yang mengalami kendala gagal dalam pembubuhan atau kuota yang berkurang setelah pembelian. Ini dilakukan agar pengguna dapat terus menggunakan layanan e-Materai dengan lancar.

Cara untuk mengatasi masalah e-Materai error telah dijelaskan melalui akun Instagram resmi Peruri @peruri.digital. Di sana, pengguna dapat menemukan langkah-langkah yang tepat untuk menangani berbagai kendala, termasuk pembubuhan yang gagal atau kuota yang tidak bertambah.

  • Logout dari akun di portal e-Materai, kemudian login kembali.
  • Periksa dokumen yang gagal dibubuhkan melalui riwayat pembubuhan.
  • Jika status pembubuhan menunjukkan "berhasil," berarti e-Materai telah dibubuhkan. Namun, jika statusnya "refund," segera laporkan masalah tersebut.
  • Untuk melaporkan, ambil tangkapan layar dari riwayat pembubuhan serta bukti transaksi.
  • Hubungi nomor WhatsApp atau email Service Center yang tersedia di portal e-meterai.co.id.
  • Customer service akan mengarahkan Anda untuk mengisi data yang diperlukan untuk refund atau pengembalian kuota.
  • Setelah data diri diisi, customer service akan membuat tiket pelaporan yang akan diteruskan ke tim terkait.
  • Setelah kuota e-Materai dikembalikan, Anda bisa mengeceknya dengan login ke akun e-Materai terlebih dahulu.

Jadi setelah mengetahui layanan e-materai eror, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!