Google Uji Coba Fitur Kunci Deteksi Perangkat di Brasil

JAKARTA – Di konferensi I/O pada Mei lalu, Google menjanjikan peluncuran fitur Kunci Deteksi Perangkat dan Kunci Perangkat Online untuk mengunci perangkat yang dicuri. Kini, salah satu fiturnya sedang diuji.

Dikutip dari akun X Mishaal Rahman melalui Android Police, fitur Kunci Deteksi Perangkat sedang melakukan pengujian pertama di Brasil. Negara ini dipilih karena tingkat pencurian ponsel di sana sangat tinggi sehingga fitur ini diharapkan dapat membantu.

Fitur Kunci Deteksi Perangkat akan aktif secara otomatis saat perangkat mendeteksi adanya upaya pencurian. Sistem akan langsung mengunci perangkat dan pengguna bisa melindungi seluruh data mereka dengan mengunci atau menghapus datanya dari jarak jauh.

Dengan dukungan Kecerdasan Buatan (AI), Google ingin meningkatkan privasi dan keamanan di seluruh perangkat Android. Untuk saat ini, fitur Kunci Deteksi Perangkat hanya tersedia di Android 15 sehingga tidak semua perangkat akan mendapatkan kemampuan ini.

Namun, dari kabar yang beredar, Google berencana memperluas fitur ini ke lebih banyak perangkat. Perusahaan itu akan menambahkan Kunci Deteksi Perangkat ke Android 10 dan yang lebih baru melalui pembaruan Google Play.

Belum diketahui apakah fitur ini akan langsung tersedia saat Android 15 dirilis. Kunci Deteksi Perangkat masih perlu diuji di negara lainnya, termasuk di AS. Biasanya, setelah fitur ini diuji di AS dan beberapa negara lainnya, fitur ini baru akan tersedia secara global.