6 Tips agar Tetap Fokus saat Bekerja, Salah Satunya Olahraga Teratur

JAKARTA - Baik bekerja dari jarak jauh maupun di kantor, tentu saja akan ada banyak gangguan yang dapat membatasi produktivitas. Jika Anda kesulitan untuk tetap fokus bekerja, langkah-langkah kecil berikut dapat membuat perbedaan besar.

Hilangkan penyebab gangguan di sekitar lingkungan kerja

Bagian penting dari menciptakan ruang kerja yang mendukung fokus yaitu menyingkirkan gangguan. Hal ini dapat membuat Anda berada dalam suasana hati yang tepat untuk bekerja dan meningkatkan produktivitas.

Chaye McIntosh, direktur klinis di ChoicePoint, dikutip dari Psych Central, Selasa, 13 Agustus, menjelaskan bahwa penting menyiapkan ruangan khusus di rumah untuk dijadikan kantor jika Anda bekerja dari rumah. Pastikan menjaganya tetap rapi agar Anda bisa fokus pada pekerjaan. Hal yang sama berlaku jika Anda bekerja dari kantor. Menjaga meja tetap rapi dapat mendukung konsentrasi dan membantu Anda memenuhi tenggat waktu dengan banyak waktu luang.

Pertahankan rutinitas

“Hindari gangguan selama jam kerja, seperti mengerjakan tugas pribadi atau mengecek media sosial,” kata McIntosh. 

Hal ini tidak hanya membuang-buang waktu , tetapi juga menghambat produktivitas dan kinerja Anda. Coba tumbuhkan kebiasaan yang mendukung upaya Anda menjadi produktif.

Misalnya, bangun pada waktu yang sama setiap hari, pilih santapan sarapan dengan menu sehat, serta memulai dan mengakhiri pekerjaan pada waktu yang sama. Rutinitas dapat membantu Anda tetap pada jalur yang benar, bahkan jika Anda bekerja di lingkungan berubah-ubah.

Atau anda bisa gunakan teknik manajemen waktu pomodoro, yaitu dengan menyetel pengatur waktu selama 20 menit untuk fokus bekerja. Lalu beristirahat saat pengatur waktu berbunyi. Meski umum digunakan oleh individu dengan ADHD, teknik ini juga dapat menjadi alat tepat bagi siapa pun yang mungkin mengalami kesulitan memulai tugas atau tetap fokus.

Olahraga teratur

Libatkan diri dengan alam selama jam istirahat dengan berjalan-jalan. Ini akan membantu mengatasi sedentary lifestyle. Menurut sebuah studi tahun 2018 pada anak-anak sekolah, aktivitas fisik harian selama 4 minggu saja dapat meningkatkan konsentrasi.

Sebuah ulasan dari tahun 2019 menegaskan bahwa olahraga teratur menawarkan banyak manfaat selain tubuh yang lebih sehat. Misalnya, olahraga dapat meningkatkan daya ingat, perhatian, dan kinerja yang semuanya merupakan keuntungan yang dapat membantu Anda tetap mengerjakan tugas-tugas.

Buat daftar tugas

Daftar tugas adalah alat sederhana namun ampuh yang dapat digunakan untuk tetap fokus di tempat kerja. Daftar ini memungkinkan Anda melihat tugas mana yang perlu diselesaikan dan kapan.

Bawa camilan

Memang sulit rasanya berkonsentrasi saat perut lapar. Untuk itu, pertimbangkan membawa camilan sehat agar Anda tetap bertenaga dan fokus. Satu ulasan tahun 2019, menunjukkan bahwa camilan menawarkan manfaat psikologis seperti mengurangi stres dan menyediakan energi menyelesaikan tugas.

Beristirahatlah secara teratur

Jika Anda bekerja selama 8 jam penuh, penting untuk beristirahat secara teratur. Menjauh dari meja kerja dapat meningkatkan produktivitas Anda. Bahkan istirahat singkat selama 5 hingga 15 menit dapat membantu mengisi ulang tenaga dan meningkatkan fokus saat kembali bekerja. Menetapkan waktu istirahat membantu memudahkan pengisian ulang tenaga serta membantu Anda mempertahankan produktivitas di penghujung hari.