Tiga Pengaturan Windows yang Harus Selalu Aktif di Perangkat Anda

JAKARTA – Windows memiliki banyak pengaturan yang berguna untuk perangkat Anda, baik untuk kinerja maupun keamanan. Dari banyaknya pengaturan yang ada, beberapa di antaranya harus selalu diaktifkan.

Hal ini perlu dilakukan agar perangkat Anda minim masalah dan memiliki kinerja yang optimal. Berikut ini beberapa pengaturan yang harus selalu aktif di perangkat dengan sistem Windows, dikutip dari How to Geek.

Aktifkan Pembaruan Windows

Pengaturan pertama yang seharusnya tidak dimatikan adalah pembaruan dari Microsoft. Anda seharusnya mengikuti pembaruan Windows secara berkala, mulai dari pembaruan sistem operasi (OS) atau patch keamanan.

Pembaruan ini sangat diperlukan untuk memperbaiki bug, mengatasi keamanan yang rentan di pembaruan sebelumnya, meningkatkan fitur agar perangkat bekerja lebih baik, dan mendapatkan beberapa fitur baru.

Selalu Aktifkan Firewall

Pengaturan berikutnya yang tidak boleh dinonaktifkan adalah Firewall. Penghalang antara komputer dan lalu lintas internet yang berbahaya ini akan memblokir seluruh tindakan yang mencurigakan, termasuk malware. Firewall dapat mencegah pengiriman data ke peretas.

Jika sistem Firewall dinonaktifkan dengan sengaja, perangkat yang Anda gunakan akan rentan terhadap virus. Seluruh data yang Anda kumpulkan bisa diambil oleh penjahat siber melalui virus yang mereka sebarkan.

Kontrol Akun Pengguna Harus Aktif

Terakhir, pastikan bahwa Kontrol Akun Pengguna (UAC) aktif. Pengaturan ini dapat mendeteksi perangkat lunak berbahaya yang bisa membuat perubahan pada pengaturan dan sistem tanpa memerlukan persetujuan administrator perangkat.

Jika Ada malware yang masuk, penjahat siber tidak bisa membuat perubahan apa pun pada perangkat lunak. Oleh karena itu, pengaturan ini tidak boleh dinonaktifkan, apa pun alasannya. Jika UAC dinonaktifkan, penjahat siber dapat membuat perubahan yang membahayakan sistem.