Warren Buffett Jual Hampir Setengah Saham Berkshire di Apple

JAKARTA - Menurut laporan beberapa yang dipublikasikan Sabtu 3 Juli, Berkshire Hathaway milik Warren Buffett menjual hampir 50% sahamnya di Apple selama kuartal kedua tahun 2024. Mereka  sebelumnya mengurangi kepemilikannya sekitar 13% pada kuartal pertama. Berkshire Hathaway telah dengan cepat meningkatkan cadangan kasnya dalam beberapa bulan terakhir, dengan memangkas posisi di beberapa kepemilikan utamanya.

Ketika Berkshire Hathaway awalnya menjual 13% sahamnya di Apple pada kuartal pertama tahun 2024, mereka menyarankan bahwa langkah tersebut terutama untuk tujuan pajak dalam panggilan pendapatan. Warren Buffett juga meyakinkan para investor bahwa Apple akan tetap menjadi kepemilikan terbesar mereka, kecuali "ada sesuatu yang dramatis yang benar-benar mengubah alokasi modal." Mereka juga mengurangi posisi mereka sekitar 1% pada kuartal keempat tahun 2023.

Namun, penjualan yang jauh lebih besar ini tampaknya menunjukkan adanya ketidakpastian terkait Apple dan pasar secara keseluruhan. Cadangan kas Berkshire Hathaway kini mencapai total  277 miliar dolar AS, naik  88 miliar dolar AS dari kuartal sebelumnya. Pada satu titik, saham Berkshire Hathaway di AAPL mencapai sekitar setengah dari seluruh portofolionya.

Sebelum penjualan terbaru ini, perusahaan tersebut memegang sekitar 789 juta saham di AAPL. Sekarang mereka memegang sekitar 400 juta saham. Kepemilikan mereka di Apple kini sekitar 2,6% dari seluruh perusahaan, dengan nilai  84,2 miliar dolar AS saat ini, turun dari  135,4 miliar dolar AS pada kuartal sebelumnya. Pada akhir tahun 2023, perusahaan tersebut memegang 905 juta saham di Apple, yang akan bernilai  198,9 miliar dolar AS pada harga saat ini.

Pada pertemuan tahunan Berkshire Hathaway pada bulan Mei, CEO Apple Tim Cook mengomentari perusahaan tersebut tak lama setelah penjualan awal mereka - dan masih menyatakan bahwa "merupakan kehormatan memiliki mereka sebagai pemegang saham."