Bagikan:

JAKARTA - Berkhsire Hathaway milik Warren Buffet membocorkan soal kepemilikan saham di perusahaan asuransi Chubb. Rahasia investasi ini telah ditahan sejak akhir tahun lalu.

Melansir CNN Business, Kamis, 16 Mei, Pihaknya mengakuisisi hampir 26 juta saham Chubb dalam anggaran investasi kuartal I-2024 ke komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) pada Rabu, 15 Mei. Hal ini menunjukan nilainya sekira 6,7 miliar dolar AS setara Rp106,66 triliun (Kurs Rp15.920 per dolar AS).

Perusahaan milik Buffett tersebut telah merahasiakan aksi ini dari pengetahuan publik saat sedang membeli saham Chubb. Bahkan meminta SEC merahasiakan transaksinya dalam pengajuan.

Chubb, sebuah bisnis asuransi yang beroperasi di 54 negara, menjadi berita utama pada bulan Maret setelah perusahaan tersebut menanggung obligasi banding Presiden Donald Trump senilai hampir 92 juta dolar AS dalam gugatan pencemaran nama baik yang diajukan oleh E. Jean Carroll.

Buffett, CEO Berkshire yang terkenal dengan kehebatan investasinya, telah mengumpulkan banyak investor yang meniru pergerakan portofolionya. Tidak terkecuali saham Berkshire Hathaway di Chubb. Saham Chubb melonjak lebih dari 8 persen dalam perdagangan setelah jam kerja pada Rabu, 15 Mei.

Taruhan Buffett pada Chubb adalah hal yang lazim: perusahaan asuransi Geico, National Indemnity, dan General Re semuanya merupakan anak perusahaan Berkshire Hathaway.

Investasi di Chubb menegaskan strategi investasi Berkshire Hathaway selama beberapa bulan terakhir. Tampaknya hal ini telah melipatgandakan investasinya pada perusahaan-perusahaan keuangan seperti Ally Financial, American Express dan Bank of America sambil memangkas investasinya pada produk konsumen.

Pada bulan Februari, Berkshire mengungkapkan bahwa mereka menjual 10 juta saham Apple dalam tiga bulan pertama tahun ini, meskipun Apple tetap menjadi investasi terbesar Berkshire. Berkshire juga menjual 80 juta saham perusahaan printer HP pada kuartal keempat tahun 2023, mengurangi kepemilikannya sebesar 78 persen.