Uang Bekerja untuk Kita, Ternyata Mudah
Investasi untuk uang bekerja pada kita

Bagikan:

Yogyakarta - Pasif Income dengan membuat uang bekerja untuk kita ternyata tidak sulit. Ada banyak cara untuk menjadikan Anda seorang yang dapat bersantai dengan melakukan perputaran uang.

Ada banyak cara untuk mendapatkan uang dan tidak harus terus menerus bekerja untuk mendapatkannya. Lihat saja Warren Buffett, dia adalah salah satu orang yang dikenal pandai dalam melakukan perputaran uang.

Uang telah bekerja padanya, lalu bagaimana dengan kita? Tentunya VOI telah melakukan ringkasan terkait hal tersebut yang dikutip dari berbagai sumber terpercaya.

Sebelum ke cara agar uang bekerja untuk kita, VOI telah merangkum tips dari Warren Buffett, di antaranya:

  1. Jangan sampai kehilangan uang. Kehilangan uang tentunya bisa menjadi salah satu poin terbesar yang perlu kita hitung, meskipun ini seperti kehilangan uang bensin, rokok, dan lainnya. Tentunya ini sepele, namun jika dihitung, ini akan banyak memakan biaya.
  2. Dapatkan sesuatu dengan nilai tinggi dengan harga yang rendah. Menanam saham perlu juga mencari harga terendah dan melihat bahwa saham tersebut prospek untuk kedepannya. Saham bisa juga jangka pendek ataupun panjang. Seperti beberapa saham kebutuhan juga lumayan bagus.
  3. Bentuk kebiasaan menggunakan uang yang positif. Keuntungan yang diputar ke dalam alur peredaran uang. Ini seperti melakukan pembelian terhadap barang yang memiliki nilai jual lebih tinggi dari saat pembelian. Tentunya ini sangat susah jika Anda tidak tahu mana barang yang bernilai.
  4. Hindari hutang. Bunga yang terlalu besar bisa mencapai 20 persen adalah sebuah kesalahan.
  5. Selalu pegang uang tunai. Kunci lain untuk memastikan keamanan keuangan adalah selalu menyimpan cadangan uang tunai.
  6. Berinvestasilah pada diri sendiri seperti Buffett. Membeli buku dan nutrisi otak seperti edukasi adalah salah satu wujud investasi untuk diri sendiri.
  7. Percayai low-cost Indeks fund untuk portofolio.
  8. Sedekah. Selain menerapkan gaya hidup sederhana, Buffett juga suka membagikan uangnya kepada mereka yang membutuhkan.
  9. Dia juga menyarankan kepada siapapun untuk dapat menerapkan kebiasaan baik ini. "Jika Anda termasuk dalam 1 persen umat manusia yang paling beruntung, maka Anda telah berutang kepada seluruh umat manusia untuk memikirkan 99% lainnya," kata Buffet.
  10. Lihat uang dalam jangka panjang. Seseorang yang duduk di bawah pohon yang teduh hari ini adalah seseorang yang menanam pohon di masa lalu.

Setelah tips dari Warren Buffett tadi dapat Anda pahami, lalu begini cara uang bekerja untuk kita:

Alokasikan Dana Khusus (Dana darurat): Sebelum memulai investasi, ada baiknya untuk mempersiapkan dana darurat terlebih dahulu. Dana darurat berguna untuk mengatasi keadaan darurat seperti kehilangan pekerjaan atau kecelakaan yang memerlukan biaya besar. Sebaiknya alokasikan sekitar 3-6 bulan pengeluaran Anda untuk dana darurat.

Pilih Instrumen Investasi yang Tepat: Setelah memiliki dana darurat, Anda dapat memulai investasi. Pilihlah instrumen investasi yang sesuai dengan tujuan dan profil risiko Anda. Emas, properti, saham, reksadana, dan obligasi merupakan beberapa instrumen investasi yang dapat dipertimbangkan.

Lakukan Diversifikasi: Jangan memasukkan seluruh dana investasi ke satu instrumen saja, sebaiknya diversifikasi atau membagi dana ke beberapa instrumen investasi yang berbeda untuk mengurangi risiko.

Sediakan dana untuk sedekah: Meskipun sedekah bukan termasuk investasi, namun sebaiknya disisihkan sebagian dana untuk sedekah karena dengan begitu kita akan terus menjadi penopang orang lain.

Pandai memilah instrumen investasi: Meskipun instrumen investasi memiliki nilai jual yang bagus di masa mendatang, namun seperti saham, harus pandai memilah dan melakukan analisis terhadap instrumen tersebut agar dapat memilih instrumen yang tepat dan menghasilkan return yang optimal.