Valorant Resmi Diluncurkan di Xbox Series S/X dan PS5

JAKARTA – Riot Games mengumumkan bahwa Valorant diluncurkan ke konsol Xbox Series S/X dan PlayStation 5 (PS5). Game ini sedang diperluas ke beberapa negara secara bertahap.

Pada 14 Juni lalu, Riot Games menguji game Valorant dalam versi beta terbatas. Game ini hanya bisa diakses di AS, Britania Raya, Kanada, Eropa, dan Jepang selama periode pengujian dan Riot menjanjikan peluncuran versi stabil dalam waktu dekat.

Janji ini akhirnya dipenuhi karena Valorant sudah terlihat di beberapa PS5 dan Xbox Series S/X. Seperti saat diuji, Valorant versi konsol hanya terlihat di AS, Kanada, hingga Jepang. Belum diketahui kapan game ini akan diperluas ke lebih banyak negara.

Valorant versi konsol memiliki gameplay, hero, dan kemampuan yang sama dengan versi PC. Sayangnya, game yang tersedia di PS5 dan Xbox Series S/X ini tidak mendukung crossplay antara konsol dan PC karena gameplay yang dirancang khusus.

Riot hanya menambahkan kemampuan cross-progression sehingga para pemain bisa beralih perangkat tanpa kendala. Seluruh tindakan yang dilakukan di konsol, seperti memilih skin dan riwayat permainan terakhir, akan terlihat di PC.

"Kami bersikeras bahwa inti permainan Valorant yang kompetitif harus terasa alami pada kontroler," kata Direktur Produksi Riot Games Arnar Hrafn Gylfason, dikutip dari The Verge. "Jika kami tidak dapat memenuhi janji permainan itu, kami harus bersiap untuk meninggalkannya."

Riot Games tidak akan membedakan pembaruan Valorant di versi PC dan konsol. Game ini akan menerima pembaruan perangkat lunak secara bersamaan, termasuk patch keseimbangan, agen baru, pembaruan peta, dan masih banyak lagi.